Computer Application, Maintenance and Supplies

Monday, October 12, 2009

Bangun IPA PDAM

Pembangunan fasilitas air bersih dalam bentuk Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bantaeng dimulai. Sebagai tanda dimulainya pembangunan fasilitas bernilai Rp 12 Miliar tersebut. Bupati Bantaeng (H. M. Nurdin Abdullah) pada hari Senin, 12 Oktober meletakkan batu pertama di lokasi proyek tepatnya di Desa Barua Kecamatan Eremerasa.



Peletakan batu pertama itu disaksikan Direktur Utama PDAM Bantaeng (H. Abd. Azis), Direktur PT. Bahana Cipta, kontraktor pelaksana pembangunan (Yohanis Sumilat), Ketua Tim Penggerak PKK (Hj. Lies F. Nurdin) dan unsur Muspida serta undangan lainnya. Proyek yang menggunakan dana Desentralisasi Fiskal 2009 ini akan dilengkapi kantor pengelola berukuran 60x60 M2 serta jaringan pipa sepanjang 13 Kilometer. Proyek ini dikerjakan oleh kontraktor PT. Bahana Cipta, jelas Kepala Dinas PU dan Kimpraswil Kab. Bantaeng yang diwakili Iskandar.

Bupati Bantaeng berharap, fasilitas pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat ini dapat berjalan sesuai rencana agar masyarakat menikmati fasilitas air bersih, terutama yang bermukim di Kecamatan Pa’jukukang. Agar fasilitas ini berfungsi baik, ia berharap kepada masyarakat yang berada di hulu agar tetap memelihara tanaman sedang bagian yang tandas sedapat mungkin segera ditanami untuk menjaga ketersediaan air.

Bila air tetap tersedia, maka proyek ini akan bermanfaat dalam jangka waktu lama. Begitu pula sebaliknya, bila sumber airnya tidak ada maka proyek ini tak akan belangsung lama, urainya seraya mengemukakan pentingnya menjaga sumber air karena 80 persen metabolisme tubuh manusia digerakkan oleh air. Masih menurut Bupati Bantaeng, meski fasilitas ini belum bisa memenuhi harapan seluruh masyarakat, namun kehadiran IPA menyelesaikan satu persoalan. Pemda juga sedang membangun Cekdam pengendali banjir di Balang Sikuyu, Kelurahan Karatuang.

Cekdam multi fungsi tersebut akan menggenangi areal seluas 10 Ha, jelas Nurdin Abdullah sembari mengungkap proyek revitalisasi pantai untuk areal pengembangan Kota Bantaeng. Khusus untuk memperlancar transportasi, tahun ini juga dibangun jalan nasional dari Kota Bantaeng ke Bulukumba serta dari Jeneponto ke Bantaeng. Proyek jalan tersebut diharapkan selesai tahun 2010 mendatang.

0 komentar :

Post a Comment

Your comments are inputs for our