Computer Application, Maintenance and Supplies

Sunday, August 02, 2009

bersih-bersih pantai dan penghijauan


Kala fajar di ufuk timur menyingsing memperlihatkan kegagahannya, para peserta Pemilihan Duta Lingkunagn dan Duta Pariwisata segera menuju Kawasan Pantai Seruni Bantaeng. Di tempat inilah para peserta diperhadapkan pada Audisi Pertama sebagai Calon Duta Lingkungan dan Duta Pariwisata.



Sebagai kegiatan awal dari rangkaian Acara BONTHAIN GREEN tepatnya tanggal 2 Agustus 2009. Para peserta diarahkan untuk mencintai lingkungan sekitar. Dipandu PUTRI NURDIN (Ketua Umum) dan FANY (Ketua Harian) Bonthain GREEN Management, peserta yang terdiri dari pelajar SMP dan SMU se-Kabupaten Bantaeng diarahkan untuk menanam pohon dalam rangka penghijauan wilayah pesisir, khususnya Pantai Seruni Bantaeng.

Selain menanam pohon, peserta diarahkan pula membersihkan Kawasan Pantai Seruni Bantaeng. Di sinilah panitia melihat seberapa jauh kesadaran yang dimiliki peserta terhadap kepedulian Lingkungan. Meski menggunakan baju dan celana yang serba trendy, make-up yang aduhai sweetnya dan sikap yang benar-benar meyakinkan sebagai pemuda/pemudi yang gagah dan cantik. Namun, jiwa lingkungan yang tertanam pada tiap individu akan lahir dengan sendirinya untuk peduli lingkungan. Mereka tidak peduli dengan kotornya sampah berserakan di sepanjang bibir pantai. Tangan-tangan manis dan gemulai tidak berhenti memungut sampah khususnya sampah plastik yang tidak mudah beradaptasi dengan tanah.

Selanjutnya mereka melakukan serangkaian tes bakat dan kemampuan. Di lokasi yang sama, berjejerlah mereka dan disuguhi beberapa pertanyaan yang mengasah otaknya dan segera berpikir apa yang mesti menjadi jawabannya. Tak sekedar itu saja, belum selesai pertanyaan dilontarkan oleh PUTRI dan FANY. Kelompok lainnya mesti kena hukuman/sanksi atas kesalahannya dalam permainan yang turut disuguhkan. Permainan/game diberikan dengan maksud agar mereka mampu beradaptasi dengan kondisi di sekitarnya. Merangsang daya pikir, menumbuhkan kreatifitas, kerja sama tim dan yang terpenting adalah bagaimana menjadi seorang pemimpin melalui sikap LEADERSHIP yang dimilikinya.

PUTRI amat antusias memberikan beberapa game dan serangkaian uji bakat lainnya yang telah disiapkan dari awal. Peserta pun semangat sekali mengikuti tiap suguhan yang diberikan. Di samping karena keinginannya untuk memenangkan Lomba ini, juga karena rasa ingin tahunya yang tinggi akan metode pembelajaran dari kegiatan ini sebelum salah satu dari mereka benar-benmar menjadi DUTA LINGKUNGAN dan DUTA PARIWISATA.

Satu hal lagi teman blogger…suasana pantai dengan semilirnya angin berhembus turut membantu kenyamanan peserta maupun panitia dalam berinteraksi pada kegiatan ini. Hingga acara berakhir, tak henti-hentinya peserta dan panitia saling lempar tawa dan senyum karena semarak dari acara tersebut.

Deg-degan pun muncul ketika acara segera akan berakhir, di mana panitia membacakan peserta yang ter-ELIMINASI dari Audisi Pertama ini. Peserta yang TIDAK ter-ELIMINASI, pada hari Selasa, tanggal 4 Agustus 2009 nanti akan mengikuti Audisi Kedua yakni mereka diarahkan untuk Mengajar anak-anak TK di TK Multazam Kecamatan Pajukukang. Riuh peserta yang tetap ikut pada Audisi selanjutnya terdengar menggemuruh disertai tawa dan senyum manis. Sedangkan yang harus PULANG kali ini, meski lumayan sedih, tapi tidak memberikan rasa kecewa yang amat berarti. Saya amat senang dengan kegiatan ini, semoga kali berikutnya saya masih bisa mengikutinya dan mampu bersaing dengan teman-teman lainnya, demikian diungkapkan peserta yang TIDAK LANJUT kali ini.

0 komentar :

Post a Comment

Your comments are inputs for our