Computer Application, Maintenance and Supplies

Tuesday, October 27, 2009

KNPI Bantaeng Wujudkan Desa Mandiri


Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bantaeng adalah organisasi kepemudaan yang besar di Bantaeng dan merupakan induk dari berbagai OKP, akan mengambil peran penting dalam pelaksanaan upacara bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-81 Tingkat Kabupaten Bantaeng yang akan digelar pada hari Rabu, 28 Oktober 2009 esok di halaman Kantor Bupati Bantaeng. Dimana pelaksana upacara, berasal dari Pengurus Harian KNPI, para pemuda/pelajar SMU/SMK se-Kabupaten Bantaeng.



Penegasan keikutsertaan KNPI Kabupaten Bantaeng disampaikan pada saat Rapat Konsolidasi Pengurus KNPI Kabupaten Bantaeng di Sekretariat KNPI Kab. Bantaeng, tepatnya 24 Oktober 2009 yang lalu perihal keikutsertaan seluruh Pengurus Harian KNPI Kab. Bantaeng, pengurus dan anggota OKP se-Kabupaten Bantaeng. Sebagaimana ditegaskan oleh Ketua DPD KNPI Kab. Bantaeng Periode 2008-2011 (Muh. Nurfajri, SE) bahwa makna yang tersirat dari kegiatan ini adalah minimal merefleksi ulang tentang peran pentingnya pemuda di zaman saat ini. Apalagi, Pemuda dituntut untuk mengambil peran penting dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Bantaeng yang mengarah pada Terwujudnya Bantaeng sebagai Wilayah Terkemuka dengan berbasis Desa Mandiri sebagaimana telah menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng terpilih.

Saat ini, teman-teman di LSM telah bergerak di desa-desa untuk mendampingi penguatan kelembagaan, penguatan kapasistas masyarakat desa. Namun, jumlahnya belum sebanding dengan desa yang ada di Kabupaten Bantaeng. Untuk itu, KNPI dan beberapa OKP-OKP yang ada di Bantaeng ini perlu segera mendukung dan bisa bersinergi dengan teman-teman LSM untuk selalu bermitra dengan desa yang ada di Kabupaten Bantaeng. Sehingga lebih mudah melakukan akselerasi pembangunan sehingga Desa Mandiri dapat segera terwujud.

Beliau juga memaparkan tentang KNPI Kabupaten Bantaeng telah memiliki Desa Binaan yang ada di Desa Pa’Bumbungan Kecamatan Eremerasa. Jumlah desa binaan ini akan ditambah seiring dengan adanya komitmen bersama dengan kepala desa nantinya. Sisa bagaimana diberikan ruang untuk berapresiasi dan berpartisipasi berdasarkan koridor yang ada. Juga ke depan, DPK (Dewan Pimpinan Kecamatan) sensantiasa dituntut untuk aktif dan berperan serta bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan setempat, agar program pembangunan dan program organisasi dapat berjalan secara bersama.

Disisi lain, sebagai Ketua KNPI Kab. Bantaeng yang juga adalah mantan Ketua KPUD Kab. Bantaeng, Juju demikian panggilan akrabnya mengapresiasi setiap prestasi yang diukir oleh atlit olahragawan asal Kabupaten Bantaeng di tingkat nasional maupun di tingkat Asia/Internasional. Sebagaimana ditorehkan oleh petenis Junior Bantaeng (Nur Adim Ramdani Iswan) yang kini berada Rangking I PNP Pelti, yang baru-baru mengukir prestasi sebagai juara 1 Bakrie Master 2009 di Jakarta.

KNPI Kabupaten Bantaeng yang bersekretariat di Gelora Pemuda Jl. Elang Bantaeng, memiliki fasilitas yang sangat memadai dan dilengkapi dengan ruang pertemuan. Dari ruang pertemuan inilah yang dijadikan sebagai wadah berkumpulnya para pemuda Kabupaten Bantaeng dan juga beberapa SKPD yang menggunakannya sebagai tempat kegiatan seminar/lokakarya atau pelatihan.

Foto : Ketua KNPI Kab. Bantaeng Periode 2008-2011

0 komentar :

Post a Comment

Your comments are inputs for our