Computer Application, Maintenance and Supplies

Wednesday, September 01, 2010

Priority Inbox by Gmail

Mbah GOOGLE publikasikan lagi inovasi terbarunya pada 2 layanan yang dimilikinya. Inovasi itu masing-masing bekerja pada Google Mail (Gmail) dan Google Translate. Pada postingan kali ini akan dibahas terlebih dahulu inovasi yang bekerja pada Gmail. Untuk fitur terbaru dari Google Translate, mungkin besok atau lusa barulah kita bahas lagi mengingat pentingnya Blogwalking. Saking hebatnya Google, postingan tidak dapat menyaingi kecepatan para inovator Google. Sehingga masih banyak fitur, inovasi maupun layanan Google yang belum hadir di blog Ambae.exe.


Dengan pilihan ini Googler dapat mengontrol seberapa penting email pada halaman Gmail miliknya. Email yang tidak penting dapat diabaikan, khususnya bagi Googler yang sering berkutat dengan ribuan email dalam waktu singkat. Terlebih lagi dengan makin hebatnya email dapat terkoneksi dengan beberapa Social Network seperti Facebook dan Twitter. Bila tidak dikontrol dengan baik, justru akan memenuhi kotak Inbox. Sehingga terkadang email yang Penting terabaikan.

Sejak lahirnya Gmail pada 31 Maret 2004, berbagai fitur telah include di dalamnya antara lain :
- Google Chat
- Google Talk
- Google Labels
- Google Filter
- Google POP/IMAP
- Google Signature
- Google Video Chat
- Google Search Chat
- Google Emoticons Chat
- Google Web Clips
- Google Labs
- Google Offline
- Google Themes
- Google Attachment (untuk Download Document)
- Google Connect to AIM
(Chat with your AOL®Instant Messenger™ buddies)
- Google Push e-mail (untuk iPhone dan Windows Mobile)
- Google Buzz
- Google Voice
- Google Phone

Google kembali meluncurkan fitur terbaru, khusus untuk Gmail dengan kode Priority Inbox. Seperti halnya fitur ataupun layanan lain milik Google, di awal lahirnya tidak semua Googler dapat menikmatinya. Paling tidak menunggu beberapa saat sampai fitur ini muncul dengan sendirinya pada halaman Gmail. Tidak sama dengan Google Phone yang dibahas sebelumnya. Google Priority Inbox muncul pada salah satu email AMBAE, namun kali ini bukan pada Ambae.exe. Hal ini dibuktikan setelah membuka email lain milik AMBAE dan ternyata hanya pada salah satunya yang tersedia di dalamnya. Nah, seperti apa tampilan Google Priority Inbox sejak pertama muncul.

Steps 1
Google yang beruntung menggunakannya lebih cepat dari Googler yang lain akan mendapati Pop up di pojok atas halaman Gmail. Tentunya harus Login terlebih dahulu ke Gmail. Selanjutnya Klik New! Priority Inbox.


Pop up berikutnya muncul dengan beberapa pilihan :
- Try it now! untuk memulai
- Play untuk melihat video sekilas cara kerjanya
- learn more untuk berguru ke mbah Google

Steps 2
Berikutnya Google memberikan pilihan, apakah akan langsung membuat kategori Penting atau Tidak Penting terhadap email yang masuk. Tandai pilihan yang Penting dengan mencentang Icon (+), sedangkan email Tidak Penting ditandai dengan Icon (-). Googler dapat melewati pop up ini dengan mengeklik Thats look right. Go to Priority Inbox!.


Steps 3
Sampai pada tahapan ini, Google Priority Inbox telah aktif pada halaman Gmail. Tampilan Gmail sebelumnya yang memuat menu Inbox, bertambah satu menu lagi. Menu tersebut bernama Priority Inbox. Sesuai dengan namanya, Google menempatkannya di atas menu Inbox. Demikian pula dengan halaman isi dari Inbox dan Priority Inbox di bagian kanan halaman Gmail yang juga terdiri dari 2 bagian.


Steps 4
Sebelum melangkah jauh menentukan seberapa penting masing-masing email yang masuk maupun email terkirim. Ada baiknya mengatur Setting yang akan diberlakukan. Klik Menu Setting di pojok atas halaman Gmail. Lalu pilih sub menu Priority Inbox. Seperti apa pengaturan yang dapat diterapkan...???
- Default inbox, pilihan default bisa berupa menu Inbox atau Priority Inbox. Menu yang terpilih otomatis akan terbuka saat pertama kali halaman Gmail terbuka.
- Priority Inbox sections, untuk pilihan Important and unread silakan tentukan nilai yang diinginkan serta halaman yang akan tampil paling atas di sisi kanan halaman Gmail.
- Filtered mail, sertakan email yang telah difilter sebelumnya baik berupa Spam atau tidak.
- Importance markers, sertakan sebuah Icon (D) untuk email yang ditandai Penting.
- Show Priority Inbox, tentukan apakah kotak Priority Inbox diaktifkan atau cukup mengaktifkan saja kotak Inbox seperti pada tampilan Gmail versi jadul.


Setelah Setting ditentukan, klik Save Changes untuk menerapkannya.

Steps 5
Saatnya menentukan email yang Penting dan Tidak Penting. Pilih satu atau beberapa email dengan mencetangnya, lalu klik Icon (+) atau (-) di bagian atas atau bawah halaman Priority Inbox.


8 komentar :

Pakar Bisnis said...

wah,,wah... manteb semakin manteb aja ni mbah google... btw..
info yang sangat bermanfaat sekali sob... thx infonya... :)

attayaya jadi anak smp said...

seperti filter spam
kalo spam, masuk kotak spam.
nah kalo penting dikedepankan.
google makin mantap

Kriez said...

Boleh boleh infonya... Tks, sob Dah share...

Advert said...

wah fitur baru lagi neh,... makasih lagi ilmunya bro... ))

Blogger said...

Gie » Bunglon Blog Indonesia mengucapkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah
Minal Aidin Walfaidzin
Mohon Maaf Lahir Dan Batin

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

Ya, sob thank's infonya

Ambae.exe said...

@Ryo Jeo...
@Kriez...
@Advert...
@Bunglon Blog Indonesia...
@Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia...
sama2 kawan...mg bermanfaat

@attayaya jadi anak smp...
betul Atta
intinya Filterisasi by. mbah Google

cKAja said...

sangat berguna bangte penjelasannya mengenai priority inbox di gmail. terimakasih

Post a Comment

Your comments are inputs for our