Computer Application, Maintenance and Supplies

Wednesday, September 01, 2010

Free calls with GOOGLE

Menelpon makin tren sejak beberapa tahun silam dengan hadirnya ponsel tanpa kabel. Ponsel merambah hingga pelosok pedesaan. Bahkan bagi para pendaki gunung atau lazim disebut pecinta alam, pun dapat menikmati kecanggihan teknologi cellular. Telepon memiliki dua varian secara umum, berupa Telepon Kabel dan Telepon Tanpa Kabel (Mobile Phone). Varian telepon kabel antara lain telepon rumah dan telepon genggam versi rumahan (CDMA Flexi). Varian mobile phone/telepon genggam antara lain telepon genggam tipe GSM, telepon genggam tipe CDMA, telepon satelit, telepon pintar atau smartphone, telepon genggam versi iPhone dan telepon genggam versi BlackBerry.

Di samping kedua varian utama di atas, kini dikenal pula Telepon Internet. Jauh sebelum Google meluncurkan Google Voice dan Google Phone. Yahoo! telah lebih awal mengaplikasikan layanan telepon berbasis layanan internet melalui Yahoo! Messenger yang diklaim teranyar hingga saat ini. Pada postingan kali ini, akan diuraikan sedikit perihal menelepon ala GOOGLE.


Layanan yang terbilang baru dari Google yakni Google Phone. Google Phone dapat dinikmati para Googler dengan memiiki Google Account. Selanjutnya Google Account tersebut diaplikasikan pada layanan Gmail yang didalamnya include Google Voice dan Google Phone. Baiklah sobat Blogger, kita langsung menuju TKP mengingat artikel terkait Google Phone telah dibahas lebih luas oleh rekan Blogger lainnya.

Steps 1
Berbekal Google Account, silakan Login via Google dengan mengunjungi Gmail.


Steps 2
Halaman Inbox Gmail akan segera muncul setelah Login sukses. Layanan Google Phone belum sepenuhnya dapat dirasakan para Googler. Setelah Login, sebagian Googler harus menunggu Google datang berkunjung ke Accont Gmail yang dimiliki. Prinsip ini menjadi kebiasaan Google dalam menerapkan layanannya kepada penggunanya. Seperti halnya ketika Google Wave pertama kali diluncurkan, hanya Google TERUNDANG yang dapat menikmatinya. Sementara yang lain mesti menunggu UNDANGAN GOOGLE atau mendapat undangan dari para WAVER. Sembari menunggu Undangan, jangan lupa mengaktifkan Google Voice.


Steps 3
Bagi Googler yang beruntung, pada tampilan Gmail Inbox akan muncul sebuah Pop up Menu bertitelkan New! Make Phone calls from Gmail. Klik Try it Now untuk memulai.


Steps 4
Selanjutnya klik Accept untuk menyetujui kebijakan yang diberlakukan GOOGLE.


Steps 5
Pop up Google Phone akan terbuka di pojok kanan halaman Gmail, Googler pun siap melakukan panggilan. Saat ini Google memberikan layanan Gratis untuk panggilan keluar dan panggilan masuk pada negara Amerika dan Canada masing-masing selama 2,1 menit senilai $0,10. Bagi sobat PHONER (lagi-lagi istilah bagi pengguna Google Phone) yang telah menimatinya lebih awal dan ingin mengaktifkan kembali layanan ini, klik Menu Call phone di bagian kanan halaman Gmail. Maka Pop up Google Phone muncul seketika. Untuk melakukan panggilan, tersedia sub menu Dialpad yang terdiri dari tombol angka/huruf/simbol, tombol Clear/Delete/Cancel, kolom isian panggilan atau pencarian, tombol negara tujuan panggilan dan tombol Call.


Steps 6
Nomor panggilan dapat diakses dengan mengeklik tombol angka. Di samping itu, dapat pula dengan mempaste angka yang telah dicopy dari tempat lainnya.


Steps 7
Pada Menu Google Phone selain sub menu Dialpad, memuat pula sub menu Calling History dan Calling credit. Calling History memuat daftar/Log panggilan masuk dan panggilan keluar.


Sedangkan Call credit terdiri dari :

a. History

Sama halnya dengan sub menu Calling history, namun kali ini sebuah Tab baru akan terbuka yang memuat daftar lengkap panggilan. Kelola Kontak pada halaman ini dengan menambahkannya atau pun menghapusnya dari Daftar Kontak.


b. Rates

Pada halaman ini, Phoner disuguhkan pada sederet daftar biaya yang dikenakan pada tiap panggilan untuk masing-masing negara tujuan dan provider cellular. Secara keseluruhan tarif pemakaian Google Phone masih dalam Kurs Dollar termasuk Phoner Indonesia.


Berikut Daftar Tarif Google Phone (Dollar mode ON) :





c. Add credit

Account Google Phone dapat diatur pada halaman ini, khususnya pengaturan Bahasa dan Zona Waktu yang diberlakukan. Penambahan kredit senilai $10.00 dimungkinkan dengan mengeklik Add $10 credit.


Steps 8
Tombol lainnya yang cukup jitu antara lain :
- Tombol Redial untuk panggilan ulang
- Tombol End untuk mengakhiri
- Tombol Answer untuk menjawab panggilan masuk
- Tombol Screen untuk menahan/pause panggilan masuk
- Tombol Ignore untuk mengabaikan panggilan masuk
- Tombol/Icon Speaker untuk mengelola suara pada Microfon
- Tombol Dialpad

Tombol Dialpad pada mode panggil berfungsi untuk me-MINIMIZE dan me-MAXIMIZE Tampilan Google Phone. Tombol ini berbeda dengan Tools Minimize, Pop-out dan Close di pojok kanan atas Pop up Google Phone.


Steps 9
Pada tampilan Keypad yang digunakan Google Phone, selain angka juga tercantum alfabet/abjad/huruf dan simbol. Hanya saja, penggunaan huruf dengan fasilitas klik belum memungkinkan, kecuali pada mode PASTE on Search/Dial Column.


Penggunaan abjad saat ini masih belum support, percobaan demi percobaan dilakukan dari keseluruhan layanan ini. Termasuk untuk penggunaan abjad. Dapat dibayangkan bahwa tombol abjad ini kiranya dapat digunakan untuk layanan SMS. Namun, alhasil ERROR dan seketika muncul pesan Please enter a valid number. Rupanya SMS belum memungkinkan, kita tunggu saja inovasi berikutnya dalam pengembangan Google Phone di masa mendatang.

Steps 10
Sebagai tambahan, khususnya bagi sobat Googler yang belum mengaktifkan layanan Google Voice, sebelum menggunakan layanan Google Phone. Penting untuk mengaktifkan terlebih dahulu Google Voice. Sedangkan Google Voice itu sendiri akan aktif bilamana telah terinstal Plugin Google Voice and Video.


Setelah semua langkah di atas komplit, maka sobat Phoner dapat merasakan nikmatnya bercuap-cuap ria via Google Phone.

11 komentar :

ARaLL said...

yah sayang, harus nunggu undangan mas google, cb klu di undang Ambae pasti lancar deh......,
thanks da ke hantu facebook, jngn lupa klo ke Tanjung Bira Mampir dulu di markasnya HFB..

Ambae.exe said...

@ARaLL...
Insya Allah bang
jd pengen bget bersua dgn rekan2 Blogger Butta Panrita Lopi
pko'e semua na dsana

sekalian q undang ki jg tuk mampir d' AMBAE
saban hari lewat di kota Q
silakan mampir meski sejenak
sambil ngopi mungkin

klo' aq k'Bira
Insya Allah ke tempat ta
tp q mesti tau neh contact kemana jd bs tau saat aq tb depan Base Camp HFB

ma kasih atas kesediannya ya...

HIDUP SEORANG BLOGGER said...

halo gan kapan ya ada di Indonesia fitur ini, eh iya mau deh kumpul-kumpul gitu sama blogger sesulawesi sekatan, kemarin ada kumpul blogger di makassar tapi nggak tahu eventnya karena nggak gaul sih di angin mamiri jadi aku ketinggaln

Ambae.exe said...

@HIDUP SEORANG BLOGGER...
boleh banget bang
pasti seru klo' ngumpul sesama Blogger

kapan2 klo' smpat
q pun pengen bget kumpul dgn semua2
mgkin krn waktu n' kesibukan
hgga terkesan sulit tuk ngumpul

review kumpul Blogger Makassar bs d'liat d'profil Facebooknya senior ka..."Daeng Battala"

skalian add kita2 via FB

penghuni60 said...

dpt ilmu baru nih disini, gak sia2 terdampar disini
slm knl sobat..

Advert said...

wah dapat info lagi disini,..
makasih infonya sob... :)

gatelband said...

mantebs sob, komplit tutor nya,

thank's U

Junior Blogger said...

Lengkap Gan TUtorialnya,
Gan, Ane Mau Tuker Link..? Balas.
Di TUnggu Segera...Terima Kasih Gan..

budiawanhutasoit said...

thanks untuk informasinya. apa di indonesia sudah bisa?

Ambae.exe said...

@penghuni60...
@Junior Blogger...
salam kenal
maaf kelamaan nunggu
bakal sgera berkunjung
ma kasih kunjungannya kawan

@Advert...
@gatelband...
@budiawanhutasoit...
ma kasih da mampir kawan
beberapa negara uda bs d’gunakan fitur ini
tmasuk Indonesia
tp tuk USA n’ Canada
sesi Gratis msh d’berlakukan hgga pertengahan 2011

obat asam urat said...

keren nih si om kasih layanan call,,,

Post a Comment

Your comments are inputs for our