Computer Application, Maintenance and Supplies

Sunday, May 30, 2010

New Controls of FACEBOOK Privacy

Sekian lama FACEBOOK mendapat kecaman keras karena dianggap terlalu mengumbar privacy FACEBOOKER. Sebagian informasi tidak diharapkan untuk dapat dibuka secara publik oleh pengguna Facebook lainnya. Namun yang terjadi justru lain. Tidak sekedar dibuka dan dilihat. Melainkan lebih lagi pada akses penuh terhadap profile tertentu yang pada dasarnya telah disetting "Private" alias "not Pubic". Sistem Keamanan FACEBOOK kian rancuh, demikian diungkapkan beberapa Netter.


Terkait dengan itu, melalui BlackBerry Messenger (BBM) beredar pesan yang mengindikasikan bahwa FACEBOOK akan ditutup pada tanggal 31 Mei 2010 jam 13.23. Pesan tersebut diantaranya berbunyi "Kabar ini bukan sekedar informasi! Jika kamu mempunyai foto yang pribadi, silahkan simpan. Tidak ada lagi Facebook, ini nyata!". Benar tidaknya pernyataan tersebut masih belum bisa dipertanggungjawabkan.

Nah, seperti apa langkah Mark Zuckerberg (sang pendiri Facebook) menyikapi hal tersebut...???

Sekitar Pukul 02.46 WITA, tepatnya tanggal 30 Mei 2010, seperti biasa Ambae.exe memeriksa Beranda Profile Facebook miliknya. Muncullah pemberitahuan pada halaman Beranda tersebut yang isinya berupa "Improved privacy controls".

Meski kondisi masih sangat tidak stabil. Namun hati ini merasa terpanggil untuk BERBAGI sesuatu mengenai FACEBOOK kepada para BLOGGER. Adapun lebih jelasnya, rekan-rekan dapat menyimak pernyataan Daeng Zuckerberg dengan mengunjungi Blog Facebook atau Facebook’s Privacy Policy atau Facebook’s Privacy Explanation. Rekan-rekan yang belum kebagian comment balasan maupun kunjungan balik ke tempatnya, melalui kesempatan ini terhaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Ucapan terima kasih pula terhaturkan atas segala do'a dan semangat kepada Penulis.


Baiklah, langsung saja kita lihat beberapa hal tentang Kontrol Privacy FACEBOOK yang terbaru.

Pengendalian Privasi

Pengaturan yang Anda pilih mengontrol siapa dan aplikasi apa yang dapat melihat informasi Anda, Anda dapat berbagi informasi dengan teman, teman dari teman atau semua orang, dan kami menawarkan pengaturan terlebih dulu untuk membantu Anda melakukannya; atau jika Anda mau, Anda dapat menyesuaikan sendiri pengaturan Anda.

Berbagi informasi di Facebook
Bagian ini mengontrol siapa yang dapat melihat konten yang Anda kirim sehari-hari (pembaruan status, foto dan video). Ini juga mencakup beberapa hal yang Anda bagikan tentang diri sendiri (tanggal lahir dan informasi kontak) dan konten yang dibagikan orang lain tentang Anda (komentar pada foto dan foto dan video dengan Anda yang ditandai di dalamnya). Atur ini sekarang hanya dengan satu klik, dan pengaturan Anda akan diterapkan pada semua konten sehari-hari yang Anda kirim di waktu mendatang. "Sesuaikan pengaturan" menampilkan daftar yang lengkap sehingga Anda dapat mengendalikan tingkat privasi untuk masing-masing pengaturan.

Informasi Direktori Dasar
Informasi tertentu terlihat untuk semua orang karena hal itu sangat penting untuk membantu orang menemukan dan terhubung dengan Anda di Facebook.

- Nama dan gambar profil dapat dilihat semua orang sehingga teman di dunia nyata dapat mengenali Anda, dan agar kami dapat menampilkannya saat Anda menulis di Dinding seseorang.
- Jenis kelamin bersifat publik sehingga kami dapat menampilkan jenis kelamin Anda (misalnya: "Tambahkan dia (her) sebagai teman.")
- Jaringan dapat dilihat semua orang sehingga Anda dapat melihat siapa saja yang menjadi bagian jaringan Anda (dan akan mendapatkan akses ke infomrasi Anda) sebelum memilih "Teman dan Jaringan" untuk pengaturan privasi apa pun.

Informasi lainnya di bagian ini, termasuk kota asal dan minat, secara default terlihat untuk umum agar membantu teman dan orang lain yang memiliki hal-hal yang sama dengan dengan Anda untuk dapat terhubung.

Aplikasi dan Situs Web
Bagian ini mengontrol informasi apa yang dibagi dengan situs web dan aplikasi, termasuk penelusur (aplikasi dan situs web yang digunakan oleh Anda dan teman Anda sudah memiliki akses ke nama, gambar profil, jenis kelamin, jaringan, daftar teman, ID pengguna dan informasi lain yang Anda bagi dengan semua orang). Anda dapat melihat aplikasi Anda, menghapus yang tidak akan Anda gunakan, atau mematikan sepenuhnya platform. Mematikan platform berarti Anda tidak dapat menggunakan aplikasi atau situs web platform dan tidak ada satu pun informasi yang akan dibagi dengan mereka.

Daftar Blokir
Bagian ini memungkinkan Anda memblokir orang sehingga tidak dapat berinteraksi dengan Anda atau melihat informasi Anda di Facebook. Anda juga dapat menentukan teman yang ingin Anda abaikan undangan aplikasinya, dan lihat daftar aplikasi tertentu yang Anda blokir dari mengakses informasi dan mengontak Anda.

Kendali Tambahan

Saran pengaturan
Kami menawarkan saran pengaturan kelompok sebagai default. Anda dapat menganggap "Semua Orang", "Teman dari Teman' dan "Hanya Teman" sebagai kelompok besar yang terdiri dari beberapa kelompok informasi. Dengan saran pengaturan kami, informasi Anda didistribusikan di ketiga kelompok. 'Semua Orang" mengandung pembaruan status dan informasi yang orang ingin membaginya dengan pemirsa yang lebih luas. "Teman dari Teman" termasuk foto dan video, konten yang paling sering dibagi di Facebook dan yang seringkali relevan dengan teman dari teman Anda. "Hanya Teman" termasuk semua informasi kontak Anda dan hal-hal yang hanya relevan dengan orang yang berinteraksi langsung dengan Anda.

Kendali setiap kali Anda mengirim
Anda dapat mengendalikan siapa yang melihat masing-masing dan setiap kiriman. Sebelum Anda mengirim pembaruan status, tautan atau lainnya, klik ikon gembok untuk memilih siapa yang dapat melihatnya. Apa yang Anda pilih akan menganulir pengaturan "Kiriman Saya" yang merupakan default.

Kendalikan dengan aplikasi
Aplikasi hanya dapat melihat informasi yang telah Anda sediakan untuk semua orang. Untuk mengakses lebih banyak, aplikasi harus meminta izin untuk setiap potongan informasi, dan itu hanya bisa untuk informasi yang mereka perlukan untuk bekerja.

Kendali untuk penandaan Anda
Anda mengendalikan siapa yang dapat melihat Anda yang ditandai dalam foto atau video yang muncul di profil Anda. Ingat, bahwa pemilik foto dapat tetap berbagi foto dengan orang yang tidak berteman dengan Anda, jadi hapus tanda dari foto atau video jika Anda tidak ingin hal itu terjadi.

Informasi Tambahan

Pengiklan
Kami tidak pernah berbagi informasi pribadi Anda dengan para pengiklan. Penargetan iklan Facebook dilakukan sepenuhnya secara anonim. Jika pengiklan memilih target demografis untuk iklannya, Facebook secara otomatis akan mencocokkan iklan tersebut dengan pemirsa yang tepat. Pengiklan hanya menerima laporan data tanpa nama.

Informasi tersedia untuk semua orang
Informasi yang Anda bagi dengan semua orang - seperti juga nama, gambar profil, jenis kelamin dan jaringan Anda - dapat dilihat oleh siapa pun di internet. Harap diketahui bahwa ini akan dapat dilihat oleh semua orang yang melihat profil Anda, dan aplikasi serta situs web yang Anda dan teman Anda gunakan akan dapat mengaksesnya.

Plugin sosial
Tombol dan kotak berisi konten Facebook mungkin muncul di situs web lain untuk menciptakan pengalaman sosial yang lebih bagi Anda. Situs yang Anda kunjungi tidak menerima sama sekali informasi Anda. Konten di dalam plugin sosial diperoleh langsung dari Facebook. Jika Anda mengeklik "Suka" atau membuat komentar menggunakan plugin sosial, aktivitas Anda akan diterbitkan di Facebook dan ditampilkan pada teman Facebook Anda yang melihat plugin di situs yang sama. Hal-hal yang Anda suka juga mungkin muncul di profil Anda (Anda dapat mengontrol ini di Informasi Direktori Dasar).

Personalisasi Instan
Beberapa situs mitra terpilih dapat mengakses informasi Anda untuk mempersonalisasi pengalaman Anda, segera setelah Anda masuk ke situs, tapi hanya informasi yang sudah tersedia untuk semua orang. Anda dapat mematikan personalisasi instan untuk situs tertentu atau Anda dapat mematikan sepenuhnya dari halaman Aplikasi dan Situs Web. Ini akan mencegah mitra menerima informasi apa pun dari Anda melalui personalisasi instan, termasuk yang tersedia untuk semua orang.

Pencarian
"Pencarian publik" di halaman Aplikasi dan Situs Web mengontrol apakah orang yang memasukkan nama Anda di penelusur akan melihat pratinjau profil Facebook Anda. Ini juga mengontrol apakah hal yang secara khusus Anda pilih untuk dibagi dengan semua orang akan tampil dalam pencarian di dalam dan di luar Facebook.

Melindungi anak-anak
Kami berkomitmen untuk melindungi anak-anak di bawah umur yang menggunakan Facebook. Sampai usia mereka 18 tahun, anak-anak tidak dapat memiliki pencarian publik sendiri dan visibilitas informasi mereka terbatas pada teman dari teman dan jaringan, bahkan jika mereka memilih untuk memberikan akses kepada semua orang. Ini tidak berlaku untuk nama, gambar profil, jenis kelamin dan jaringan, yang terlihat oleh semua orang sehingga teman di dunia nyata dapat mengenali mereka.

Sumber Privasi Tambahan :
- Kebijakan Privasi
- Pertanyaan Umum Privasi
- Organisasi dan lembaga privasi
- Pengaturan Privasi
- Halaman Keamanan
- Pusat Keamanan

27 komentar :

abbegrt said...

Mantap infonya boss

blog abbe said...

sukses selalu boss

alfi said...

mampir cari informasi

Syahrul Bayan said...

Luar biasa, masih sempat nulis, meski kondisi kesehatan blm maksimal

Risma Hutabarat said...

Pada intinya sih, jangan terlalu mengumbar informasi di ranah maya, kalau tidak ingin orang lain mengaksesnya. Bukan begitu? :)

Kalau tidak ingin orang lain tahu nomor ponsel kita, ya jangan mencantumkan nomor ponsel di forum manapun di internet. Kalau khawatir foto kita disalah-gunakan oleh orang2 yang tidak bertanggungjawab, ya jangan mengupload foto apapun ke internet. Biar aman. Semua pilihan kan ada di tangan kita sendiri...

Karena kitalah yang seharusnya mengendalikan internet. Bukan sebaliknya. Yang penting, jangan terlalu paranoid. Kalau memang paranoid, ya jangan membuka internet aja sekalian. Hehehe...

NB: Lagi sakit, sob? Semoga cepat sembuh ya :)

Salam
Female Stuffs
Mommy Mayonnaise
Perempuan Rumahan
Cerita Film

Unknown said...

slamat mlm...dtg bergerilya mengunjungi blog sahabat...

budiawanhutasoit said...

yang penting jangan terlalu mengumbar semua hal2 yang pribadi di FB. termasuk foto. banyak yg tidak mengetahui bahwa setelah kita upload foto di FB, maka itu semua menjadi hak pemiliki FB. dan banyak juga yg tdk mengetahui, bahwa foto2 tsb dapat digunakan utk hal2 yg tdk baik, bagi orang2 tertertentu.
Share aja-lah tdk tlalu bersifat pribadi dan tdk berisiko.

h4ns said...

cukup bermanfaat,,thx infonya sob,ditunggu kunjungan baliknya ya :)

Yohan Wibisono said...

ya dari pihak facebookernya sendiri better juga harus 'nyadar', apa saja yang layak di upload dan apa yang sebaiknya jangan.

kalo mau share something personal, ya message,

axc said...

nice post bro

asmanu said...


ok bagus sekali informasinya sahabat...makasih atas sharenya...

Ilham Nurhamzah said...

Wah.... makin mantab skarang facebook sob....

he..he.. jdi smua orng bsa merasa nyaman dengan fitur privacy nya FB

Bisnis dan Belajar yang mudah said...

Blog walking gan!!
Oya.. ane ada program baru pengganti google adsense dan yang lainnya..
Bagi agan yang udah bisa daftar di google adsense, ane ucapin selamat deh...
tapi kalau agan mau cari duit cepat dan lebih mudah dari google adsesne dan program sejenisnya... begitu juga bagi agan yang pengen dapat duit tanpa batas dari blog agan... ane ada program CPM (kita dapat duit setiap kunjungan)... jadi pengujung kita tidak harus klik iklan adsense kita, karena kunjungan mereka telah memberi hasil pada kita....
Kalau agan mau coba daftar disini dan masukan kodenya ke blog agan http://tinyurl.com/ptpcs


oya.. dalam situs ini bukan hanya PCM/PTP aja gan, ada PTC, PTS, Game, Hosting, dll yang akan menunjang agan untuk mempercepat menhasilkan dollar....

Agan juga bisa chat langsung ma admin di menu chat oneline...


Baru.. bisa chat dengan sesama member....

yang pasti ini legit and trusht gan...
lihat bukti pembayaran ane ... http://pelupa.com/forum_posts.asp?TID=4860

Selamat mencoba dan sukses

anak nelayan said...

seep..mantap infonya

Ambae.exe said...

@abbegrt...
@blog abbe...
@alfi...
@Syahrul Bayan...
@Willyo Alsyah P. Isman...
@h4ns...
@axc...
@anak nelayan...
ma kasih sobat atas kunjungan dan atensinya

sukses sll jg ya

Ambae.exe said...

@Risma Hutabarat...
@budiawanhutasoit...
@Yohan Wibisono...
@asmanu...
@2012...
benar bget sobat
apapun itu agar orang laen tdk bs meliatnya...bahkan akan disalahgunakan piahk laen

sebisa mungkin jangan diumbar di dunia maya...apakah FB, FS, Blog n' sebagaix

sehebat apapun security yg disajikan pd tiap hosting...ada2 sj cara tuk mejebol keamanan tsb

tentu beda jika pihak tertentu eman memanfaatkan Cyberspace sbg ruang publikasi layakx beriklan di media cetak. mk wajarlah kl segalax diumbar hgga ramai diliat pihak laenx.

btw...ma kasih atas komentar dan masukan yg sangat berarti dr sobat sekalian demi penyempurnaan artikel tsb di atas

Ambae.exe said...

@Bisnis dan Belajar yang mudah...
ma kasih uda mampir n' gunakan ruang ini sobat...sukses tuk bisnisx

munir ardi said...

semoga kedepan Facebook nggak macam-macam lagi

attayaya said...

yup fb dah mulai ketat
met malam bro
long time no see
semoga sehat selalu

asmanu said...

ok banget sahabat..informasinya mantap luar biasa and terima kasih sharenya....

gatelband said...

mantebs dah info nya, thank's sob

akhatam said...

Memang nihh sob, dah berubah dan mungkin lebih bagus yang ini.. lebih simpel

Indahnya Kebersamaan said...

Lok ane malah pengen sekali2 ada orang yang jebol Fb ane, jadi pengen belajar gimana cara menanggulanginya :)

Blogger said...

mampir sob maaf rada telat, apa kabar lama sekali kita ga silaturahmi ya
hmmm yach memang sepertinya FB yang menjadi banyak sorotan baik dari segi positif maupun negatif. memang rasanya perlu diadakan beberapa perubahan sistem didalamnya untuk menyamankan para usernya
Sukses Slalu!

Abiyasha said...

mantab boz, link terpasang, tukar link boz..mantabs infonya tks

elyas said...

nice info friend

Ambae.exe said...

@munir ardi...
semoga benar spt itu


@attayaya...
malam jg bang
ma kasih do'a n' semangatnya
shat sll jg ya


@asmanu...
syukurlah kl info yg ada dsini bermanfaat buat semua

so...blom bs ngePOST yg baru
krn msh sibuk ngebalas comment n' sbagaix

jg krn kondisi kesehatan yg masih dlm tahap penyembuhan

inspirasi terasa DIAM


@gatelband...
sama2...keep visit here
sukses tuk Gatel Band


@akhatam...
cocok bang
kondisi FB saat ini lbh simple
dr sisi keamanan...Admin FB mengklaim uda makin d'tingkatkan


@Indahnya Kebersamaan...
tuk sesi pembelajaran
boleh jg tuh biar bs paham n' tau lbh dalam

mgkin dgn belajar bersama teman
dgn asumsi tdk ada yg dirugikan
krn konsepnya hax sbg pembelajaran


@Bunglon Blog Indonesia...
lama iya...kurang lebih 2 bulan tdk aktif mengunjungi tempat sobat skalian tmasuk rekan bae'Q yg satu ini...maaf krn kondisi kesehatan yg terganggu selama ini...
aq kena sakit Types bang

so...tuk FACEBOOK...harapan semua Usernya...terutama dr sisi keamanan...gimana FB mampu menanggulangi fenomena FB yg marak terjadi dan merugikan FACEBOOKER

mg aj Admin FB lbh peduli soal itu


@Mfaroz.blogspot.com...
@elyas...
segera mengunjungi tempat sobat
ma kasih jg uda mampir yach
mg bermanfaat kunjunganx


................................
@all of U...
andai ketemu via Facebook
mgkin bs lebih LUAS lg persahabatan QT disamping sbg BLOGGER

Post a Comment

Your comments are inputs for our