Nggak bisa konek?
Jika anda mengalami kesulitan mengakses Telkomnet Instan, jangan keburu menelpon atau mengirim surat. Silakan lakukan Pertolongan Pertama Pada Telkomnet-Instant (P3TI) :
Lakukan pengecekan step-by-step berikut :
1. Cek saluran telepon
Angkat telepon, dengarkan nada tone :
Apabila anda mendengar nanda nada tone (tuuuttt...) panjang tanpa terputus, berarti telepon anda baik dan anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.
Anda tidak mendengar nada sama sekali. Kemungkinan saluran telepon anda putus, baik putus di dalam rumah maupun di jaringan Telkom. Coba cek perkabelan di dalam rumah, atau cek pada kotak terminal pembagi (tempat persambungan antara jaringan Telkom dan jaringan dalam rumah). Apabila kerusakan ada di jaringan Telkom, laporkan ke 117.
Anda mendengar nada tone, tapi terputus-putus secara periodik. Kemungkinan anda (atau anggota keluarga lain) mengaktifkan layanan Fitur dari Telkom (misalnya Lacak / call forwarding). Tone seperti ini sebenarnya tidak masalah, tetapi anda harus merubah setting pada PC anda. Kalau anda tidak mau merubah setting, anda dapat me-nonaktifkan fitur ini pada saat akan menggunakan internet.
2. Coba dial ke 0809 8 9999
Setelah memastikan telepon anda baik dan mendapat tone yang sdesuai, selanjutnya anda dapat mengecek panggilan. Angkat telepon, tekan nomor 0809 8 9999 lalu dengarkan nada jawab.
Apabila anda mendengar nanda nada modem (tiiiiiittt...criiiiit..) panjang bersautan, berarti telepon anda telah bisa tersambung ke modem kami dan modem kami langsung menjawab secara otomatis (dengan mengeluarkan nada). Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.
Anda tidak mendengar nada sibuk (tut..tut..tut). Kemungkinan saluran telepon kami sedang sibuk, coba beberapa saat kemudian (diulangi).
Apabila tetap sibuk, maka kemungkinan nomer telepon yang anda gunakan di-blok untuk akses ke 0809 (baik dilakukan oleh Telkom mapun oleh kantor Anda, biasanya untk membatasi tagihan terutama akses ke layanan permium call). Coba hubungi ke bagian PBX kantor anda agar membuka akses ke 0809. Telkom Jateng dan DIY sendiri biasanya telah membuka seluruh nomor telepon di Jateng dan DIY, kecuali nomor-nomor tertentu (atas permintaan pelanggan).
3. Lakukan instalasi modem dan software (bila belum dilakukan)
Langkah untuk melakuakan settign pada PC dapat dilihat di sini.
4. Lakukan dial via komputer ke 0809 8 9999, menggunakan login dan password.
Begitu tombol Connect ditekan, maka akan muncul
Status: Dialing ..., lalu muncul
Verifying username and password ...
Bila semuanya lancar, maka anda akan terkoneksi ke server kami dengan kecepatan tertentu.
Keluar Status: Dialing ..., lalu muncul Error 680: There is no dial tone. Cek kembali ke langkah 1. Apabila tone ada tapi tetap muncul error diatas, maka kemungkinan bunyi tone berubah karena menggunakan fitur tertentu (misal nya Lacak). Non aktifkan fitur tersebut, atau lakukan setting sebagai berikut :
Klik Start-->Setting-->Control Panel. Pilih icon Modem.
Pada window Modem Properties, pilih General klik / pilih modem yang telah terinstall, lalu klik Properties.
Pada window Nama_modem_anda Modem Properties, pilih Connections tab, pada Call preferences hilangkan /kosongkan tanda pada pilihan Wait for dial tone before dialing. Dengan setting ini, maka modem anda akan melakuan dialing walaupun dial tone tidak terdengar.
Keluar Status: Dialing ..., lalu muncul Error 676: The line is busy. Saluran modem kami mungkin sedang sibuk, coba beberapa saat kemudian. Apabila saluran sibuk terus, cek kembali langkah 2. Pastikan juga bahwa nomor dial anda benar yaitu 0809 8 9999 (tidak pakai area code tambahan).
Keluar Status: Dialing ..., lalu muncul Error 678: The computer you are dialing in to is not answering. Seluruh modem kami seharusnya langsung merespon, namu tidak tertutup kemungkianan beberapa nomer sedang tidak bekerja dengan lancar. Cobalah lagi beberapa saat kemudian. Apabila kondisi tersebut berlangsung terus, cek kembali langkah 2. Pastikan juga bahwa nomor dial anda benar yaitu 0809 8 9999 (tidak pakai area code tambahan).
Keluar Status: Verifying ..., lalu muncul User logon : Enter your username... Cek lagi lebih teliti username dan password, semuanya menggunakan huruh kecil.
5. Sudah konek, tapi koneksinya sering putus atau lambat (dibawah 14.400 kbps).
Koneksi yang sering putus dapat terjadi karena kurang baiknya jaringan atau anda mengaktifkan fitur Nadasela. Karena internet merupakan komunikasi data, maka gangguan sedikit pada perkabelan akan dapat berpengaruh. Karena itu pastikan perkabeln dalam rumah anda bagus dan permanen.
Fitur Nadasela akan memberikan nada yang mengganggu pada saat modem sedang online. Karena itu sebaiknya anda me-nonaktifkan Fitur Nadasela pada saat akan melakukan koneksi internet. Setelah selesai menggunakan internet, anda dapat mengaktifkannya lagi.
Kecepatan koneksi modem sangat bergantung pada kualitas jaringan. Pada lokasi tertentu, Telkom menggunakan pengganda saluran (1 kabel digunakan untuk beberapa nomor sekaligus) atau radio untuk melayani permintaan pelanggan. Penggunaan jenis saluran alternatif ini akan memperlambat kecepatan koneksi.
6. Sudah konek dengan kecepatan yang bagus, tapi tidak bisa browsing kemana-mana.
Coba lakukan setting proxy dan DNS yang benar, lihat di sini .
7. Sudah bisa browsing, tapi mau bisa e-mail.
Lihat petunjuk pemilihan dan setting mail di sini.
0 komentar :
Post a Comment
Your comments are inputs for our