Computer Application, Maintenance and Supplies

Saturday, April 30, 2011

Facebooker Bertanya

Facebooker Bertanya

Setiap kali membahas perihal social network, tidak pernah lepas dengan Facebook. Kian hari Facebook mampu menjaring lebih banyak pengguna dibanding social network lainnya. Hal ini terjadi karena jejaring satu ini begitu mudah dipahami oleh setiap kalangan. Dengan berbagai fitur terbaru ditawarkan, membuatnya semakin diminati dari waktu ke waktu. Meski demikian, tidak sedikit pula yang memilih untuk hengkang dari Facebook atau pun sekedar sebagai pengguna pasif. Beberapa dari Facebooker pasif ini lebih aktif di Twitter, Koprol, LinkedIn, Blogger, Google Wave, Yahoo Messenger!, Google Talk dan lain sebagainya. Tetapi, bagi Netter yang akrab dengan kebiasaan sharing, tentunya akan menggunakan keseluruhan jejaring sosial yang ada termasuk Facebook untuk berbagi informasi kepada all Netter. Misalnya saja dengan menginformasikan kepada Facebooker terhadap artikel terbaru pada Blog yang dikelolanya.


Lalu apa fitur terbaru Facebook kali ini. Facebook menawarkan ruang jajak pendapat bagi para Facebooker yang ditempatkan di Wall alias Dinding dengan nama Fitur Pertanyaan/Question. Fitur ini masih belum tersedia untuk semua Facebooker, jadi untuk sementara hanya sebagian Facebooker yang telah dapat menggunakannya. Seperti apa cara kerjanya? Seorang Facebooker mengajukan pertanyaan dengan melampirkan berbagai opsi jawaban berupa pilihan ganda. Opsi jawaban tersebut akan diberi suara (Vote) oleh para Facebooker penjawab.

Saat Anda bertanya, pertanyaannya dibagikan di profil Anda dan di Kabar Berita teman. Jika ada teman yang menjawab atau mengikuti pertanyaan Anda, tindakan itu akan menghasilkan berita juga di profilnya dan di Kabar Berita teman-temannya, yang meningkatkan jumlah orang yang dapat melihat dan menjawab pertanyaan Anda. Dengan demikian, siapa pun di Facebook dapat berpartisipasi dalam pertanyaan yang Anda ajukan, jadi Anda bisa mendapat jawaban dari orang-orang di luar teman langsung.

Daripada bingung, lebih baik langsung menuju tutorialnya.

Steps 1
Login seperti biasa ke Facebook dengan bantuan Email dan Password yang telah Anda miliki. Pada Halaman Beranda ataupun Dinding, klik menu Pertanyaan pada bagian atas kolom status.

Facebooker Bertanya-1
Steps 2
Selanjutnya muncul kolom isian pertanyaan, masukkan pertanyaan yang diinginkan pada kolom pertanyaan.

Steps 3
Kemudian kolom berikutnya terdapat opsi jawaban pilihan ganda untuk memberikan pilihan kepada penjawab atas jawabannya. Klik Tambahkan Opsi Angket/Add Poll Options (maksimal sebanyak 10 kali) untuk menentukan opsi jawaban atas pertanyaan Anda.

Facebooker Bertanya-2
Steps 4
Mengenai privacy, Jajak pendapat ini dapat Anda atur apakah orang lain dapat menambahkan opsi atau tidak. Klik untuk menandai/melepas tanda centang pada menu Izinkan siapa saja untuk menambahkan opsi.

Steps 5
Bilamana Anda telah yakin dengan pilihan Pertanyaan dan Opsi Jawaban, langkah selanjutnya adalah dengan mengeklik Ajukan Pertanyaan.

Facebooker Bertanya-3
Pada Steps ke-5, secara umum tuntas tahapan pembuatan jajak pendapat tersebut. Sekarang yang perlu diperhatikan antara lain :
  • Akses keseluruhan Halaman Pertanyaan, baik yang diajukan teman maupun yang dijawab oleh teman, klik Menu Pertanyaan/Question pada Left Sidebar (sisi kiri) Halaman Beranda.
  • Fitur Pertanyaan dapat diterapkan di Halaman Profile, Halaman Group dan Halaman Profile Penggemar (Fan Pages).
  • Sarankan pertanyaan kepada teman Facebooker yang lain dengan mengeklik Tanya Teman/Ask Friends pada bagian bawah setiap segmen Pertanyaan.
  • Tidak semua pertanyaan dapat Anda jawab. Hal ini tergantung pada pengaturan Privacy yang diterapkan Profile Facebooker bersangkutan. Untuk melihat dan menyesuaikan siapa yang dapat mengomentari kiriman Anda, kunjungi Pengaturan Privasi, klik Sesuaikan Pengaturan di bagian Berbagi di Facebook, lalu sesuaikan pengaturan untuk Dapat mengomentari kiriman.
  • Anda dapat melaporkan setiap pertanyaan maupun kiriman jawaban yang dianggap melanggara ketentuan Facebook. Letakkan kursor di atas kiriman tersebut, lalu klik simbol X untuk Tandai sebagai Spam atau Laporkan Pelanggaran.
  • Anda dapat berlangganan terhadap setiap pertanyaan dengan mengeklik Ikuti/Follow pada bagian bawah setiap segmen Pertanyaan. Untuk berhenti berlangganan, klik Berhenti Mengikuti/Unfollow. Hal semacam ini dikenal dengan RSS Feed.
  • Untuk menerapkan metode Jajak Pendapat secara utuh, hapus centang di kotak centang Izinkan siapa saja untuk menambahkan opsi. Dengan sendirinya Anda memaksa Facebooker untuk memilih opsi yang Anda tawarkan.
  • Bagi Facebooker yang belum mendapati Fitur Pertanyaan pada Profilenya, silakan Anda kunjungi Halaman Pertanyaan. Seperti diuraikan di awal artikel ini bahwa untuk sementara hanya sebagian Facebooker yang telah dapat menggunakannya. Admin Facebook menjanjikan bahwa beberapa waktu ke depan fitur tersebut dapat dinikmati semua Facebooker.
  • Fitur Pertanyaan tidak dapat dimatikan atau dinonaktifkan dari Profile Facebook karena fitur ini tertanam langsung di jantung Halaman Facebook. Sama halnya dengan fitur Foto dan Event. Namun setiap segmen pertanyaan dapat dengan mudah dihapus dengan mengeklik tombol Hapus di bagian kanan bawah setiap segmen pertanyaan.
  • Setiap Jawaban/Kiriman yang telah dikirimkan, dapat Anda hapus seketika. Kunjungi kotak pertanyaan dimaksud dan cari kiriman Anda di bagian Kiriman. Lalu, klik simbol X di kanan atas kiriman Anda untuk menghapusnya.
  • Untuk menghapus suara Anda dari jajak pendapat, hapus saja centang di sebelah opsi yang Anda beri suara.
  • Untuk menghapus opsi pertanyaan yang diberi suara, kunjungi kotak pertanyaan tersebut dan klik tombol Edit opsi di bagian kanan bawah. Lalu, Anda dapat menghapus opsi satu per satu dengan mengeklik simbol X disebelahnya.
    Attention.........!!!
    Menghapus opsi pertanyaan akan menghapus juga suara yang terkait dengan opsi tersebut.
  • Untuk mengakses semua jawaban, klik Lainnya pada setiap segmen Pertanyaan.
  • Fitur Pertanyaan akan memunculkan banyak pertanyaan dan jawaban dari para Facebooker. Sebesar apakah peranan Search Engine mengakses fitur tersebut? Admin Facebook mengklaim bahwa saat ini mesin pencari tidak dapat mengindeks Pertanyaan Facebook. Pertanyaan hanya dapat dilihat oleh para Facebooker karena Facebook lebih mengutamakan Facebooker. Sementara untuk anonim tidak dapat mengakses apalagi menjawab dan memberikan suara.
  • Anda seorang admin pada Halaman Profile Penggemar (Fan Pages), Anda dapat memilih antara menghapus fitur ini dari Halaman Anda atau menyembunyikannya di balik tautan Lainnya.
Anda masih bingung...???
Segera gunakan fitur Pertanyaan/Question untuk mengadakan jajak pendapat bersama rekan-rekan Facebooker di Group Ambae.exe.

16 komentar :

free ads for you said...

wih detil penjelasannya, mantap sob :)

lama tak berkunjung ke blog sobat :)

Hex-v said...

Nice info,gan :) ...
Thx a lot :D

culinary said...

O iya, baru sadar kalo ada fitur question sekarang... ntar coba diuatak-atik deh

Ambae.exe said...

@free ads for you said...
ma kasih kunjungannya sobat

@Hex-v said...
@culinary said...
mg bermanfaat gan

Obat Tradisional Penyakit Sakit Pinggang said...

artikelnya cukup menarik, thank's gan

Obat Tradisional Penyakit Jantung Koroner said...

good luck ...

Obat Tradisional Penyakit Kanker Usus said...

lanjutkan !!

Obat Tradisional Penyakit Kanker Paru-Paru said...

ditunggu ya updatean terbarunya

Obat Tradisional Migren said...

thank's infonya

Obat Tradisional Kanker Payudara said...

Ikut gabung sisni ea

Obat Tradisional Gondok said...

sukses terus ea

Obat Tradisional Insomnia said...

jangan lupa mampir balik ya gan

obat gagal ginjal alami said...

makasih atas infonya,
hhtp;//goo.gl/JGVQl

pengobatan penyakit batu ginjal herbal said...

obat penyakit batu ginjal

webnya sangat menarik, sangat kreatif dan inovatif saya juga termotifasi akan hal ini menjadi sesuatu pencerahan baru

pengobatan kanker payudara said...

infonya sangat bagus nih gan,,
http://goo.gl/x9j6x

Obat Pelangsing Alami said...

salam sukses untuk smua

Post a Comment

Your comments are inputs for our