Computer Application, Maintenance and Supplies

Thursday, January 31, 2013

Real Count AMBAE

Real Count AMBAE

Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan memasuki tahap akhir. Perhitungan Suara telah dilaksanakan, mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK hingga tingkatan Propinsi. Hari ini (31 Januari 2013), KPU Propinsi Sulawesi Selatan menetapkan Pasangan Nomor Urut 2 (Drs. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH - Ir. H. Agus Arifin Nu'mang, MS) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk masa jabatan 2013-2018. Selanjutnya, keduanya akan dilantik dan diambil sumpahnya pada tanggal 8 April 2013 sesuai jadwal tahapan Pilgub SulSel.


Namun sebelum proses ini berlangsung, tahapan demi tahapan telah dilalui. Salah satu yang terpenting adalah proses Perhitungan Suara sebagai acuan penentuan pemenang Pilgub. Muncullah QUICK COUNT dan REAL COUNT sebagai hasil kerja keras di lapangan dari berbagai Lembaga Survey maupun lembaga Pengumpulan Data Hasil Pemilihan Umum. Data dari kedua lembaga tersebut menjadi pembanding terhadap Ketetapan KPU sebagai Lembaga Penyelenggara Pemilihan Umum yang resmi berdasarkan Undang-Undang.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa data Quick Count dan Real Count dari Lembaga Pihak Ketiga tidak berbeda jauh dengan data KPU. Tingkat kesalahan/ERROR berkisar antara 0,01% - 1,00%. Hal ini menjawab keraguan masyarakat bahwa data tersebut tidak valid dan hanya berupa permainan angka semata.

Patut kita pahami bersama, bahwa hadirnya angka-angka dalam perhitungan dimaksud tentunya dengan melalui proses yang panjang. Mulai dari pendataan di lapangan dan pengumpulan data hingga penginputan pada Aplikasi/Software yang telah dibuat sebelumnya. Aplikasi berperan memunculkan angka yang valid. Sementara hasil pendataan merupakan bukti yang menguatkan berbagai dugaan yang bisa saja muncul atas keraguan hasil yang dicapai.

Pada Daerah Pemilihan Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Bulukumba, AMBAE mengadakan perikatan kerja sama dengan para kandidat dalam memunculkan data Real Count. Data ini selanjutnya ditampilkan kepada publik secara berkala sesuai data sumber yang telah diinput. Melihat angka yang berkembang, hanya kandidat Nomor Urut 2 (tagline : SAYANG) yang bersedia agar data dimaksud dipublikasikan (lihat data awal, update : 24 Januari 2013). Sebagian pihak salah mengartikan bentuk kerja sama AMBAE dengan SAMPAN INDUK (Tim Pemenangan SAYANG) dan Partai Amanat Nasional. Data dimaksud datangnya dari AMBAE melalui Aplikasi Real Count AMBAE yang dibuat Ambae.exe. Tidak ada intervensi demi manipulasi data. AMBAE bekerja bukan sebagai Tim Pemenangan melainkan pemilik Aplikasi.

Pilgub SulSel di kedua Dapil ini memenangkan SAYANG dengan presentase di atas 50%. Berikut perolehan Suara Sah pada Dapil Kabupaten Bantaeng :
  1. IA : 41,85%
  2. SAYANG : 52,83%
  3. GARUDA'NA : 5,32%

Real Count AMBAE-1
Perolehan Suara Sah Dapil Kabupaten Bulukumba :
  1. IA : 39,72%
  2. SAYANG : 53,11%
  3. GARUDA'NA : 7,17%
Real Count AMBAE-2
Meski demikian, kemenangan SAYANG terbilang tipis pada beberapa Kecamatan. Bahkan pada tingkat TPS, kemenangan tidak sepenuhnya diraih oleh SAYANG. Pasangan Nomor Urut 1 (Ir. H. Ilham Arief Siradjuddin, MM - Ir. H. Abd. Aziz Qahhar Mudzakkar, M.Si) juga berhasil meraih poin tertinggi pada beberapa TPS.

Real Count AMBAE-3
Sementara Pasangan Nomor Urut 3 (Andi Rudiyanto Asapa, SH, LLM - Drs. H. Andi Nawir Pasinringi, MP) mengalami kekalahan mutlak di seluruh TPS yang ada di kedua Dapil.

Real Count AMBAE-4
Layaknya tiap Pemilihan Umum yang bergulir di Nusantara, Pilgub kali ini meninggalkan sejumlah cerita untuk dikenang. AMBAE mencatat tingkat Partisipasi Pemilih yang mengalami penurunan drastis. Dengan presentase hanya mencapai 65,5% di Kabupaten Bantaeng.

Real Count AMBAE-5
Untuk Dapil Kabupaten Bulukumba tingkat Partisipasi Pemilih hanya mencapai 62,5%.

Real Count AMBAE-6
Semoga data ini dapat menjadi acuan bagi berbagai pihak. Khususnya kepada Komisi Pemilihan Umum, harapannya agar partisipasi Pemilih dapat lebih meningkat di masa mendatang. Keaktifan Pemegang Hak Suara (Pemilih Tetap) merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan masa depan daerahnya. Selamat kepada Gubernur dan Wakil Sulawesi Selatan yang terpilih untuk Periode 2013-2018. Semoga dapat bekerja lebih baik dengan menelorkan berbagai ide kreatif demi kemajuan pembangunan yang lebih baik pula.

14 komentar :

Obat Penyakit Kanker Otak said...

semoga berjalan dengan lancar pilgub di ambae. jalankan pemilihan dengan ikhlas dan damai,

Obat Tradisional Gold G said...

terimakasih sharenya

jugglingart.org said...

Semoga saja yang menanmenjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan dapat memajukan rakyatnya

sedapdansehat.blogspot.com said...

Kuharap pemimimpi-pemimpin ini dapat menyehatkan rakyanta seperti masakan-masakan yang sehat dan lezat untuk disantap. Jika demikian, maka rakyat pun akan senang

oceanoffish.blogspot.com said...

ayo. maju terus... tapi sepertinya sudah lewat ya? he..he,..gak update lagi artikelnya kah?

devindennis said...

For a moment while I was reading your article I struck to me that I always thought about this thing. But could not put it into words! How you do this is marvelous.
Buy furniture online | Office furniture catalogue

nickdamron said...

Wonderful post. This is most inspiring post. I love to read such kind of material. Blogger did a great job here.
Best advertising agency in Pakistan

belajar menulis di blog said...

menambah kemampuan anda untuk menulis dengan tulisan menarik seperti ini

Obat stroke alami said...

Wah bagus tuh.

Obat herbal asam urat said...

Ternyata seperti itu.

Obat herbal jantung koroner said...

Tulisan yang sangat menarik gan.

Obat tradisional diabetes melitus said...

Wah lumayan juga tuh.

Obat tradisional kanker serviks said...

Saya setuju sekali dengan anda.

Obat keputihan said...

Oh jadi begitu mas, saya baru tahu nih.

Post a Comment

Your comments are inputs for our