Computer Application, Maintenance and Supplies

Saturday, August 28, 2010

Multiple Account of GOOGLE still not support Blogger

Google semakin hebat dengan inovasi-inovasi terbarunya. Bahkan yang terlama pun masih enggan ditinggalkan para Googler. Ibarat minum air laut, Google begitu erat di hati penggemarnya. Semakin diminum, Googler akan semakin haus dengan layanannya. Belum tuntas satu, layanan lainnya segera diluncurkan demi memanjakan GOOGLER's. Lazim terjadi di dunia Teknologi Informasi yang semakin berkembang dewasa ini. Tak ubahnya Intel dengan AMD atau pun Microsoft dengan Open Source, saling bersaing demi menguasai pasar agar pelanggannya tidak serta merta meninggalkannya begitu saja. Jika tidak, bisa-bisa mereka dimadu dengan istri muda yang berbeda channel. Lalu apa lagi yang keren dari Google.


Sejak lama telah dikenal berbagai cara mengaktifkan 2 (dua) Account Google secara bersamaan. Dari sekian cara tersebut, bolehlah kita klasifikasikan ke dalam 2 bentuk berdasarkan cara penggunaannya. Ada yang sifatnya bisa dijalankan dalam Browser yang berbeda. Ada pula yang bisa dijalankan pada Browser yang sama dengan teknik berbeda pula. Sepertinya Surveyor Google amat peka dengan kebutuhan Googler. Maka diluncurkanlah layanan Multiple Account.

Untuk mengaktifkan layanan ini, dapat mengikuti Steps by steps below, hayoooo sobat :

Steps 1
Login dengan Google Account seperti biasanya dengan mengunjungi Gmail. Tentunya Google harus memiliki Google Account untuk mengakses Gmail beserta seluruh layanan mbah Google.


Steps 2
Setelah Login, Googler dihadapkan pada Halaman Inbox Gmail. Dari sana klik Menu Settings di pojok kanan atas. Kemudian klik Sub Menu Accounts and Import.


Steps 3
Perhatikan pada baris paling bawah, klik Change account settings. Dengan mengekliknya, Googler diarahkan untuk mengedit Google Account miliknya.

Langkah yang sedikit ribet di atas dapat tergantikan dengan langsung menuju Manage Google Account. Eh...ternyata lebih cepat dan simpel.

Steps 4
Memulai proses pengaktifan layanan Multiple Account. Klik Edit pada baris Menu Multiple sign-in.


Steps 5
Pada kondisi default Sign in to multiple Google Accounts pada mode Off. Lalu bagaimana mengaktifkannya...? Centang pilihan On - Use multiple Google Accounts in the same web browser.


Steps 6
Setelah mengaktifkan pilihan tersebut, Googler masih harus mencentang 4 Sub Pilihan disebelahnya. mbah Google mengsyaratkan agar semua pilihan dicentang layaknya mencontreng pada tiap Pemilu di Indonesia. Ingat jangan dicoblos, mengingat jari sobat Googler dapat kesetrum listrik pada LCD maupun CRT Monitor.

Dengan Multiple Account saat ini, masih memiliki beberapa kelemahan yakni :
1. BELUM secara keseluruhan layanan Google dapat diakses dengan Multiple Account. Apa saja itu sobat...? Antara lain Blogger dan Picasa Web Albums
2. Demikian halnya dengan Google Calendar pada mode Offline.
3. Penggunaan Google Products masih belum didukunng
4. Multiple Account hanya dapat bekerja/aktif pada Browser Desktop. Sementara untuk Google Mobile atau browser apa pun yang dijalankan lewat Handphone, saat ini masih belum didukung. Sabar ya sobat, kita tunggu kabar mbah Google dengan inovasi terbarunya ESOK...!!!


Steps 7
Klik Save untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Steps 8
Tanpa disadari, akan muncul sebuah pesan yang menyatakan bahwa sobat Googler telah sukses menyimpan sesi pengeditan. Lalu klik Back untuk kembali pada halaman sebelumnya.


Steps 9
Alih-alih Halaman tersebut berubah tampilan, kini Multiple sign-in pada mode On.


Steps 10
Klik Edit pada Menu Email Addresses untuk menambah Account Kedua (Secondary email)

Steps 11
Setelah Account kedua ditambahkan, Googler siap mengaktifkan Account tersebut pada Jendela/Tab yang lain.


Steps 12
Buka Tab Baru dan segera kunjungi Google Account.


Steps 13
Sobat Blogger dapat melihat contoh penggunaan Multiple Account di Base Camp AMBAE. Dua buah Tab terbuka dengan Account berbeda. Perbedaan Account ditandai dengan melihat URL pada Address Bar browser yang dijalankan. Google Account pertama (Primary email) beralamat https://mail.google.com/mail/u/0/. Sedangkan untuk Secondary email beralamat https://mail.google.com/mail/u/1/.


Alamat ini bakal berbeda bilamana Google Account dijalankan pada Mode Single Account (Multiple sign-in mode OFF). Address bar menunjukkan URL berbeda yakni https://mail.google.com/mail/?shva=1.

Sebagai tambahan, dengan Multiple Account maksimal Google Account yang dapat ditambahkan sebanyak 2 Account sehingga keseluruhan dapat berkerja 3 Google Account secara bersamaan pada Browser yang sama.

Satu hal yang dapat dibayangkan seandainya Multiple Account pada Google telah bekerja dengan maksimal adalah penggunaan layanan Blogger dengan Account berbeda pun dapat dinikmati. Namun, sobat Blogger, saat ini para Blogger harus menunggu kabar terbaru berikutnya. Jika sobat berniat mencoba mengunjungi halaman BLOGGER dengan Account yang kedua (dalam hal ini sobat Blogger telah Sign in pada Account yang pertama), Browser akan berkata "Time Out". Artinya sobat Blogger telah gagal mengunjungi BLOGGER dengan Account Secondary. Sementara yang akan aktif adalah Primary Account.

Bilamana Googler tetap ingin menikmati layanan Google secara penuh, Solusinya :
1. Sign Out secara keseluruhan 2 buah Google Account yang anda aktifkan saat ini. Kemudian Sign In kembali dengan salah satu Google Account tersebut.
2. Non Aktifkan Multiple Account dengan mengikuti Steps 1 hingga Steps 5. Pada Steps 5, Centang pilihan Off - Use one Google Account at a time lalu klik Save.
3. Googler yang masih bersikeras menggunakan Multiple Account dan ingin menikmati cita rasa Google Products lainnya dapat menyiasatinya dengan cara mengaktifkan Google Account pada browser lainnya.

OK sobat, happy Googling...!!! salam GOOGLER

5 komentar :

dR said...

panjang juga pembahasannya.. lengkap... nantilah saya coba, soalnya baru saja ganti email login untuk blogger.. thanks gang..

djhendry said...

wah..bau tahu ane..bisa di swich gitu..thank infonya sob..me buka puasa..

asmanu said...

tutorial mantap sekali detail steps by steps terima kasih sahabat sharenya

Ambae.exe said...

@dR...
sukses ki purina
mg email baru na aman lbh mantap dipake ngeblog


@djhendry...
ma kasih ya
met menunaikan ibadah Puasa
tuk hari ini, esok n' hingga komplit nantix
mg puasax ttp lancar sob

@asmanu...
kembali kasih bt sahabat
mg bermanfaat bt QT semua

obiherbal said...

i'loved to website this is very very nice
obat penghilang abses payudara tradisional

Post a Comment

Your comments are inputs for our