Computer Application, Maintenance and Supplies

Wednesday, August 25, 2010

do you know Google KNOL

Patut disadari oleh para Netter, apapun julukannya (Googler, Blogger, Facebooker, Knoler, Wiki Mania and others Netter) dan dari manapun asalnya (Google, Blogspot, Wordpress, Facebook, Knol, Wikipedia and others channel). Bahwa sejak pandangan pertama berkecimpung di dunia maya hingga saat ini, seorang Netter bertindak sebagai Citizen Report bagi GOOGLE. Bagi sebagian besar Netter, Google merupakan penguasa dunia maya. Padahal Sergey Brin dan Larry Page kini baru berusia 37 tahun. Namun itulah yang terjadi sobat, kita semua adalah Citizen Report buat mbah Google.


Terkait dengan Citizen Report, di samping Blog. Kali ini Ambae.exe akan mengurai sedikit tentang Google Knol. Menurut sumbernya, Knol adalah proyek berupa situs web yang direncanakan Google untuk berisi artikel-artikel yang dibuat oleh pengguna dengan ruang lingkup dari "konsep ilmu pengetahuan hingga informasi medis, dari geografi dan sejarah sampai hiburan, dari informasi produk, sampai instruksi cara membetulkannya". Knol diumumkan pada tanggal 13 Desember 2007 dan akhirnya dibuka bagi publik pada tanggal 23 Juli 2008 dengan beberapa ratus artikel yang lebih berkaitan dengan dunia medis dan kesehatan. Situs ini dianggap sebagai usaha Google untuk menyaingi Wikipedia.

Situs ini kini sedang dalam beta dan bersifat pribadi dan permintaan untuk membuat KNOL hanya oleh undangan. Knol merupakan istilah yang menurut Google berarti satu unit ilmu pengetahuan. Meski situs webnya berbahasa Inggris, tetapi ada beberapa artikel yang tidak berbahasa Inggris, seperti bahasa Indonesia dan lain-lain.

Membahasakan apa itu KNOL, tak lengkap rasanya jika berhenti disini saja. Ada baiknya kita simak pemaparan di bawah ini yang akan mengsosialisasikan seputar tentang KNOL.

Steps 1
Kunjungi Halaman Google Knol kemudian Klik Sign in di pojok kanan atas halaman utama Knol


Steps 2
Akan muncul halaman berikutnya untuk Sign in. Disini Googler, diminta untuk menggunakan Google Acount. Tentunya, seorang Googler telah memiliki Google Account. Namun bilamana belum ada, buatlah Google Account terlebih dahulu dengan mengunjungi Create an account now. Mengingat Google Knol hanya dapat diakses dengan Google Account. Are you a Googler...???


Steps 3
Sekarang Anda telah memiliki Account Google Knol dan dapat mengakses fasilitas di dalamnya. Dengan demikian segeralah menulis artikel dan mempublikasikannya agar Googler yang lainnya dapat menikmati hasil karya Anda.

Mungkin pula Anda ingin mengedit terlebih dahulu Setting yang diberlakukan pada Account Google Knol. Googler akan menentukan mana yang jadi prioritas dari keduanya. Menulis di Knol begitu mudah dilakukan.


Klik write a knol, lalu centang Create a new knol. This is the default.

Untuk memilih template yang diinginkan, klik Copy an existing knol.. Bandingkan beberapa template dengan mengunjungi Knol Templates

Sedangkan untuk membuat Knol Collections, silakan pilih Create a new collection of knols. Hal ini dapat pula dilakukan setelah menulis Knol secara default. Selanjutnya tiap Knol yang telah Anda buat dapat dikelompokkan ke dalam Knol Collections dan memberinya nama. Mirip membuat sebuah Group di Facebook, dimana di dalamnya terdapat ribuan Profile Facebooker. Atau pun dapat disamakan dengan pengelompokan Contacts pada Google Mail (Gmail). Jadi pilihan ini dapat saja diabaikan untuk saat ini.

Import a file as a new knol, dengan pilihan ini, KNOLER (julukan ini diberikan Ambae.exe bagi Anda yang tergabung sebagai Writer in Google Knol) dapat mengimpor file dari Local Drive. Bukan barang selundupan yang diimpor, melainkan File-file berisi Artikel seorang KNOLER. Beberapa file yang didukung Google Knol yakni :
- cdr (Corel Draw drawing)
- dbf (Data Base File/Query Database, used by: dBase III+, MonTableur, Clarisworks, Paradox5, FoxPro Database, Psion, Aston-Tate, dBASE, dBFast, DataBoss)
- doc (Document file, used by Microsoft Word, Wordpad and Open Office)
- drw (Micrografx Draw or Designer drawing)
- hwp (Hangul Word Processor)
- jtd (Ichitaro Document, Justsystem Corporation)
- lwp (Lotus Wordpro 96/97 document, IBM)
- mpp (Microsoft Project Plan)
- mw (MacWrite Text Document, Apple)
- ppt (PowerPoint file, used by Microsoft PowerPoint, Microsoft PowerPoint Viewer)
- rft (DCA/RFT document)
- rtf (Rich Text Format)
- sam (Ami Pro document)
- sdd (StarOffice Presentation)
- sdw (StarOffice Writer Text Document)
- sxc (StarOffice Calc Spreadsheet)
- sxw (StarOffice Writer Text Document)
- wb2 (Spreadsheet, Quattro Pro for Windows)
- wdb (Microsoft Works data file)
- wks (Lotus 1-2-3 ver. 1a spreadshjeet)
- wk1 (Lotus version 1)
- wk4 (Lotus version 4)
- wml (Wireless Markup Language file)
- wpd (Corel WordPerfect)
- wpg (WordPerfect raster & vector graphics)
- wps (Microsoft Works document)
- wp7 (ordPerfect version 7)
- wri (Write text file)
- wr1 (Lotus Symphony Spreadsheet)
- ws (WordStar for Windows)
- ws7 (WordStar version 7)
- xlc (Excel chart)
- xls (Microsoft Excel file)


Setelah menentukan model penulisan, duhai KNOLER..............kliklah Create Knol.

Steps 4
Halaman Posting terdiri dari beberapa bagian, yakni :
- Judul, Sub Judul, Ringkasan dan Isi Artikel
- Toolbar, layaknya Toolbar yang paling sering kita jumpai di Microsoft Office atau pun Open Office. Perbedaan yang mencolok dengan Toolbar pada Blogspot yakni tersedianya tool Insert yang berisi berbagai layanan di dalamnya. Tidak ketinggalan tool Tabel, sehingga penambahan tabel pada artikel amatlah mudah.


Steps 5
Artikel yang ditulis seorang KNOLER mungkin saja dikutip (bukan dicopy ya...) dari berbagai sumber. Cantumkan referensi berkaitan artikel tersebut dengan menambahkan Referensi. Klik tool Insert a reference di pojok kanan pada baris toolbar. Blogger dapat memamerkan Blog miliknya pada fasilitas ini. Silakan dicerna maksud dari kalimat ini.

Steps 6
Setelah mengedit dan menyimpannya, artikel tidak serta merta dipublikasikan seperti di BLOG, statusnya masih unpublished. Klik Publish di bagian kanan halaman Knol untuk mempublikasikan artikel dimaksud.

Steps 7
Di Blog, seorang Blogger telah mengenal Label atau Tag. Google Knol pun memiliki layanan dalam mengklasifikasikan Knol dengan beberapa Categories. Klik Add a Category dibagian kanan halaman Knol untuk menambahkan Kategori. Kategori yang dianggap relevan dapat ditambahkan oleh KNOLER lainnya ketika berkunjung ke Knol. Bahkan dapat berkolaborasi untuk memperbaiki artikel yang telah dipublikasikan seperti yang berlaku di Wikipedia. Meskipun fasilitas Kolaborasi dapat dimatikan dengan mengubah Setting pada Knol.


Steps 8
Pada Steps 3 sempat disinggung mengenai Knol Collections. Tiap Knol yang dibuat dapat dikelompokkan ke dalam Koleksi berbeda. Klik Collect this page dan buatlah Knol Collections sesuai nama yang diinginkan. Pengeditan Knol Collections tak ubahnya dengan Knol biasa, untuk itu KNOLER dapat kembali mengikuti Steps 1 until Steps 7.


Steps 9
Hal terpenting dari sebuah pekerjaan di dunia maya adalah keinginan dari seorang Netter agar hasil karyanya terindeks oleh mbah Google dan Search Engine lainnya. Google Knol yang nota bene adalah proyek milik Google pun mensyaratkan agar Account Knol seorang KNOLER dapat terindeks. Dengan demikian Knol yang telah dipublikasikan ikut terindeks dan dapat dibaca oleh Googler yang lain.

Google Analytics adalah jalan keluarnya. Klik Preferences di pojok kanan halaman Google Knol. Kunjungi Google Analytics dan segera daftarkan diri Anda, maksudnya Halaman Knol Anda. Nah...bilamana belum memiliki Account Google Analytics, mendaftar dulu dengan tidak dipungut biaya sepeser pun.


Setelah mendaftarkan Halaman Knol Anda, catat Tracking code yang didapatkan. Selanjutnya masukkan kode tersebut ke dalam Halaman Knol Preference Analystic. Dalam hitungan 1x24 jam, Account Knol beserta artikel di dalamnya akan terindeks di Google. Please wait...!!!

Dengan selesainya acara Buka Puasa Bersama ini, maksudnya Sosialisasi Google Knol. Maka dengan ucapan Alhamdulillah, resmi ditutup. Harapan Ambae.exe agar para KNOLER segera mengunjungi KNOL Ambae.exe dan menyempatkan memberikan beberapa wejangan agar Knol lebih baik serta lebih bermakna buat kemajuan Knowledge Indonesia.

Mengingat bahasa yang didukung Google Knol masih seputar Bahasa Planet, Knoler dapat menemui ahlinya disini.
Salam KNOLER

20 komentar :

Anonymous said...

Knol itu sama dengan mines / kurang bukan ??????
KNOL= Kurang dari Nol (mines)

hihihihihihihi


Nice ingpo

Go.Blog said...

Amatir... Jangan Klik IKLAN orang ngomong2 dunk. Belum pernah ke BANNED ya. Stupid

Kriez said...

Menarik infonya sob... maksih dah berbagi.....

Ambae.exe said...

@Daeng Lira...
betul...betul...betul...
na gappa na sedeng
smpe2 tdk terpikirkan
good dah


@Go.Blog...
sry bt Master
sbg amatiran...q tdk paham sm skali yg anda maksud...mengunjungi tempat Master pun tdk pnah...sepertix salah ruang yach


@Kriez...
sm2 sob
mg bermanfaat bg QT smua

sda said...

lengkap sekali artikelnya.
ini hal baru bagi saya.
makasih sharingnya.

narti said...

kalau belum punya account disana berarti tidak bisa mengakses??
kalau buat account hanya untuk baca2 artikel orang lain bisa gak?

deasy said...

Makasih dah di share nich...sdikit tahu ttg KNOL:D

Ambae.exe said...

@sda...
ma kasih uda mampir ya
silakan diintip lebih jauh kesana sob


@narti...
boleh aj ko' klo sekedar baca
cukup punya Account Google
trus disana tinggal Sign In kembali
maklumlah Google Account bs dipake tuk hampir semua layanan Google...khususnya yg Free


@deasy...
ntar ktemuanx disana ya dinda


salam KNOLER bt semua

= JEO = said...

mampir sob.. kunjungan pertama.. salam kenal..
maneb banget infonya.. :)

Advert said...

Makasih sobat atas info sharingnya,.
Baru tau Q google KNOL..,he,

darahbiroe said...

makasih yaw
jadi mo nyoba nuy
salam

Arauf said...

kunjungan perdana.....
salam kenal
ditunggu kunjungan dan komentar baliknya di blog saya :D

sky said...

KNOL mash susah buat nyaingin wiki :D

Anak Nelayan said...

wah baru tau neh..nice info sobat

berpikir positif said...

saya baru tahu tentang masalah ini gan , thank for share

gambutku said...

google semakin banyak saja mengeluarkan fitur yg baru ya.:D

Blogger said...

google selalu memberikan inovasi² baru kepada para usernya ini yang membuat SE yang satu ini makin dekat dihati...
Sukses Slalu!

attayaya jadi anak smp said...

hmmmmm semakin banyak database artikelnya
mantap lah mbah gugel

Ambae.exe said...

@= JEO =...
@Wirausaha...
salam kenal jg sob
ma kasih uda mampir ya
bakal mbalas kunjunganx sgra


@Advert...
@darahbiroe...
@anak nelayan...
@berpikir positif...
ntar ktemu dsna ya
silakan ke TKP
jgn lupa add me n' comment my Knol


@sky...
sepertinya bgtu sob
kondisi Knol msh "Beta" hgga saat ini


@gambutku...
@Bunglon Blog Indonesia...
@attayaya jadi anak smp...
Google eman patut diacungi jempol
patut pula sbg "mbah" dr semua penghuni dunia maya

obat penetral asam lambung tinggi tradisional said...

Setelah sayah membaca semua isi disini,sungguh sangat louarbiasa ini pengalaman baru dan banyk sekali hal-hal yang sayah dapatkan setelah membacanya

Post a Comment

Your comments are inputs for our