Computer Application, Maintenance and Supplies

Wednesday, February 10, 2010

Wajah Baru Beranda FACEBOOK

Awal pekan ceria bagi para Black Community FACEBOOK atau lazim disebut dengan nama FACEBOOKer. Wajah baru menyambut kunjungan pemilik Profile saat memulai rutinitasnya pada salah satu social network dengan User terbanyak saat ini. Tidak banyak yang berubah saat Blackinnovationawards goes to campus profile Anda disana. Apa saja yang berubah...........??? LOGIN dulu bro...


Perubahan drastis pada halaman Beranda Profile FACEBOOK. Setidaknya ada bebarapa point yang sempat menjadi perhatian Ambae.exe pada profile miliknya yang beralamat lengkap http://www.facebook.com/profile.php?id=1406277723. Seperti diutarakan Admin FB pada pesan yang muncul disana, template Beranda FB kini lebih disederhanakan.

Ambae.exe mencoba mengupas sedikit tentang point tersebut. Perhatikan bagian Menu yang ada di bagian atas halaman Profile. Jika sebelumnya Menu Beranda, Profil, Teman dan Pesan Masuk berderet di sisi kiri atas, kini berderet di sisi kanan dengan wajah yang lebih sederhana. Terpampang pada pojok kanan yakni Beranda, Profil dan Akun. Sementara Akun diset dengan tambahan Menu Drop Down yang di dalamnya terdapat sub menu berupa :

1. Sunting Teman
2. Pengaturan Akun
3. Pengaturan Privasi
4. Pengaturan Aplikasi
5. Saldo Kredit
6. Pusat Bantuan
7. Keluar

Perhatikan juga pada bagian kiri atas, Disediakan pula Toolbar dengan tampilan baru yang sebelumnya hanya tersedia pada halaman Beranda saja, kecuali tool Pesan. Namun kini dapat diakses meski User berada pada halaman profil dan halaman lainnya. Ketiga tool tersebut yakni Permintaan Pertemanan, Pesan dan Pemberitahuan.

Selanjutnya bagian tengah pada gambar di atas, tampak Menu yang tidak lazim lagi bagi seorang FACEBOOKer. Sebelumnya dikenal 2 menu yang tidak jauh berbeda yakni Berita Terkini dan Kabar Berita. Dengan tampilan baru saat ini, Berita terbaru dibagi dalam 2 sub Menu yang baru dengan nama Berita Teratas dan Terbaru. Definisi “Berita Teratas” tak ubahnya dengan dengan istilah “Kabar Berita” pada wajah sebelumnya. Sedangkan “Terbaru” dapat diartikan sebagai “Kabar Terkini” pada tampilan yang lalu. Tak ubahnya Headline News pada sebuah Website atau Blog, Kabar Berita Terbaru menampilkan berita-berita terhangat dari Teman Kontak Profil bersangkutan. Sedangkan Kabar Berita Teratas, oleh Ambae.exe menyimpulkannya sebagai berita terpopuler dari Teman Kontak Profil bersangkutan.

Sekarang kita lebih ke bawah lagi agar lebih terasa Djarum Black Menthol yang dari tadi dinikmati bersama hidangan Djarum Black Slimz dan Djarum Black. Di bagian kiri nampak teks bertuliskan ONLINE. Teks ini bakal muncul jika chat room profil bersangkutan dalam status OFFLINE, demikian pula sebaliknya. Kemudahan didapatkan, karena teks tersebut sekaligus sebagai shortcut untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Chat Room FACEBOOK.


Point terakhir yang coba diuraikan yakni fasilitas terbaru dan benar-benar baru pada halaman profil FACEBOOK. Sebelumnya aplikasi ini hanya akan tersedia bilamana menambahkannya ke dalam halaman profil. Namun atas kemurahan hati si Admin FACEBOOK, aplikasi Translate ditambahkan langsung di dalamnya. 109 macam Bahasa disiapkan pada Aplikasi Terjemahan milik FACEBOOK ini. Selain shortcut yang disiapkan pada pojok kanan bawah, user pun dapat langsung mengunjungi alamat di bawah ini :

>Terjemahan
>Aplikasi Terjemahan


Jumlah bahasa yang lebih banyak dibanding sebelumnya oleh Admin FB menyatakan telah mendukung 40 Bahasa. Dengan Aplikasi Translate ini, user akan lebih dimudahkan dalam menerjemahkan tiap kata yang mengganggu pikirannya selama ini. Bila menengok ke belakang, beberapa waktu silam. Di warnet milik Ambae.exe, sering dihebohkan dengan salah seorang pengunjung yang berteriak seperti ini Sob, apa artinya Good. Dengan nada lemah lembut pengunjung lainnya menjawab teriakan tadi dengan : The meaning GOOD is baji’-baji’ ji alias baik/bagus (Ungkapan Bahasa Makassar yang dilontarkan saat muncul pertanyaan khas orang Mangkasara’ yakni Apa Kareba Siana’...??? alias Apa Kabar Saudara...???). Satu lagi yang lebih menceriakan wajah para FACEBOOKer yakni hadirnya Basa Jawa (seperti yang tertulis disana) selain Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, English dan Bahasa Kotak-kotak lainnya.


Butuh tutorial versi Admin Facebook? klik disini

2 komentar :

muhammad zakariah said...

wah..aq aja bingung dgn tampilan FB yg baru.. :mrgreen:

oiya, sorry gan, aq baru pasang link dan banner u.. sekedar info sudah aq pasang sob.. sorry ya.. :lol:

salam hangat.. salam semangat sob..

Ambae.exe said...

@muhammad zakariah...
salam hangat n' salam sukses tuk sobatQ...mg ttp enjoy d'akhir pekan ini

ma kasih ya uda pasang link aq d'tempat sobat

about FB...QT mesti adaptasi dgn tiap perubahannya...maklumlah yg punya FB pengen perubahan...jd QT para user na ikut aj gt

Post a Comment

Your comments are inputs for our