Computer Application, Maintenance and Supplies

Thursday, February 11, 2010

New Google Buzz in Gmail

Kemarin ku buka email milik Google. Seperti biasanya, saat form LOGIN terisi langsung diarahkan ke halaman inbox Gmail pada Account milik Ambae.exe. Namun, hari ini tampilannya cukup mengagetkan........Oi...kaget...

Untungnya masih tersisa sebagian nafas untuk mencari tahu, apa itu Google Buzz. Oleh pihak Google memberinya sebuah istilah "Buzz". Kata ini bukan sesuatu yang baru terdengar bagi pengguna Yahoo Messenger sejak lama. Karena YM telah menggunakannya bertahun-tahun sebelum kemunculan Google Buzz saat ini.


Apa yang harus dilakukan jika berhadapan dengan pesan yang mengagetkan saat login di Gmail. Lagi-lagi mengagetkan...tidak seperti biasanya...dan bisa saja ada yang kaget. betul...betul...betul...

Spontan saja klik link bertuliskan "Nah, go to my inbox"

Namun, bila ingin mengetahui tutorial yang disajikan Google. Klik tombol bertuliskan "Sweet! Check out Buzz". Tunggu beberapa saat tergantung koneksi, selama proses loading jangan lupa nikmati Djarum Black biar lebih Djarum Black Menthol bersama rekan-rekan yang Djarum Black Slimz.

Selanjutnya, user dihadapkan pada 2 pilihan yakni "Find People to follow" dan "Post your Profile Buzz". Bagi netter yang telah banyak makan garam, bakal cepat paham apa maksud dari kedua pilihan di atas.

Find People to follow
Merupakan ruang untuk mencari teman yang akan di follow dan sebaliknya akan melakukan hal serupa sehingga terjadi hubungan timbal balik

Post your Profile Buzz
Pilihan ini mengajak user untuk mempublikasikan profile Gmail miliknya menjadi Google Buzz

Bila semuanya telah diatur dengan baik, klik tombol "Okay" pada sisi bawah halaman Google Buzz. Maka sekarang kita bisa menikmati fasilitas terbaru yang dinamai Google Buzz. Suatu ketika ingin mengubah daftar follower pada Google Buzz, klik Menu "Buzz" yang berada tepat di bawah Menu "Inbox"


Dari pemahaman Ambae.exe, New! Google Buzz in Gmail, logika dasarnya bahwa Google menyiapkan sebuah fasilitas yang akan mengingatkan teman kontak Gmail akan apa yang dilakukan pengguna Gmail bersangkutan. Layaknya yang kita pahami sekarang, social networking semakin menjamur, di antaranya yakni FACEBOOK, FRIENDSTER, TWITTER, BEBO, TAGGED dan masih banyak lagi.

Dengan Google Buzz, user dapat memperbaharui status terbarunya saat tertentu layaknya halaman dinding profil social network. Sehingga teman kontaknya akan mengetahui apa yang sedang dilakukan dan dirasakannya saat itu.

Dengannya, user dapat pula mengikuti alias FOLLOW teman-temannya. Demikian pula sebaliknya. Konsep Buzz seperti yang Penulis ungkapkan sebelumnya, bahwa Yahoo! telah lama menggunakannya. Sedangkan Yahoo sendiri telah menerapkan yang disebut dengan Yahoo Connection. Fasilitas ini pun telah lama dikembangkan Yahoo!. Lagi-lagi fungsi utamanya tidak jauh berbeda dengan Google Buzz milik GOOGLE.

Dari hasil Blackinnovationawards goes to campus Ambae.exe, didapatkan info bahwa apa yang dilakukan Google dan Yahoo saat ini pada emailnya, merupakan bagian dari perseteruan mereka sejak lama termasuk dengan pihak Microsoft. FACEBOOK pun ikut bermain di dalamnya. Hal ini ditandai dengan hadirnya salah seorang petinggi Microsoft sebagai pejabat penting di FACEBOOK.

5 komentar :

enda fiVers said...

wah..baru tau saya sob.....

jarang buka gmail nih....

Belogger Prost said...

iya nih sahabatku,saya pertama masuk terus dikasih link ke buzz,tapi bagus sharingnya...makasih

Ambae.exe said...

@enda fiVers...
@Belogger Prost...

kembali kasih
yach sperti itulah sob yg terjadi ma Gmail...Google perlahan2 ngikut tren Social Network

Laga Cellular 02 said...

mantap bro........

Ambae.exe said...

@Laga Cellular 02...
ma kasih bro

Post a Comment

Your comments are inputs for our