Computer Application, Maintenance and Supplies

Friday, February 26, 2010

Legal or Illegal

Aktifitas lalu lintas di Bonthain akhir-akhir ini menjadi perhatian utama kalangan Black Community Bonthain. Di beberapa ruas jalan raya misalnya Jl. Dr. Ratulangi dan Jl. Raya Lanto, terlihat pihak berwajib memenuhi kedua ruas jalan. Apa yang terjadi sobat BLOGGER.


Polisi yang berwenang mengatur tertib lalu lintas, kembali melakukan razia berupa sweeping di jalan, khususnya Jalan Poros yang menghubungkan Makassar-Bantaeng-Bulukumba. Tak hanya di siang hari saja, malam hari pun sweeping dilaksanakan. Sweeping pun tidak seperti biasanya. Banyak polisi berjaga-jaga, lengkap dengan seragam kebesarannya dan siap dengan motor pemburunya jikalau ada pengguna lalu lintas yang hendak melarikan diri.

Pemeriksaan pun dilakukan terhadap para pengguna Black Car Community dan Black Motor Community. Ambae.oto yang sempat merekam kejadian ini saat melintas melaporkan bahwa bukan sweeping biasa, melainkan sweeping gabungan.

Tidak memandang apakah itu Black Car Community atau Black Motor Community termasuk pengendaranya. Tiap sudut kendaraan diperiksa secara mendetail. Penasaran pun muncul setelah kali kedua Ambae.oto diperiksa di tempat yang berbeda. Oleh pihak kepolisian mengungkapkan, pemeriksaan ini khusus untuk Senjata Tajam yang mungkin saja terselip di sudut-sudut kendaraan. Maka disimpulkanlah bahwa Razia SAJAM dimaksudkan karena sebelumnya terjadi tindak kriminal dan indikasinya tersangka melarikan diri alias Buronan.

Ketakutan pun lumayan berkurang saat melintas di area tersebut. Betapa tidak, rekan kerja Ambae.oto yang duduk di belakang kemudi Black Car Community, tanpa sengaja ternyata tidak membawa serta Surat Izin Mengemudi (SIM). Alhasil SIM dan STNK tidak diperiksa, justru yang diperiksa adalah bagasi dan bagian lain dari Black Car Community yang ditumpanginya.

Alhamdulillah, ucapnya saat itu.

Apa yang bisa kita petik dari kejadian ini :
1. Jangan pernah lupa untuk membawa SIM, STNK dan Buku Milik
2. Pakai Helem Standar bagi pengendara Black Motor Community
3. Jangan membawa senjata tajam selain peralatan standar kendaraan
4. Taati rambu lalu lintas selama berkendara
5. Periksa kelengkapan kendaraan sebelum melakukan perjalanan
6. Dan yang terkahir dari yang paling terakhir adalah Waspada terhadap Sweeping Liar/Ilegal

Sweeping Liar alias Ilegal kerap terjadi khususnya di sekitar wilayah perbatasan daerah tertentu. Biasanya di daerah yang sunyi dan tak berpenghuni. Hal ini pernah dialami Ambae beserta all crew (Ambae.exe, Ambae.cdr, Ambae.cel, Ambae.oto, Ambae.fm dan Ambae.band) saat melakukan touring dan survey di Kota Sengkang Kabupaten Wajo Propinsi Sulawesi Selatan. Sweeping Ilegal kami temui di daerah antara Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Bone. Seperti yang diuraikan di atas, posisinya amat strategis untuk melaksanakan Sweeping Liar.

Untung, bukan nasib sial yang kami temui. Salah seorang Anggota Polantas dari dua orang yang menghadang kami adalah penduduk Asli Bonthain dan kami pun dikenal dengan baik. Ouw...ini dengan AMBAE yach, ucapnya. Saya juga orang Bonthain sobat. Silakan bergegas, nanti ada petugas lainnya yang datang, jadinya tidak enak.

Alhamdulillah, kembali kami berucap syukur kepada Allah Swt. Mungkin karena kami dikenal dengan baik, mungkin pula karena pertemanan yang begitu luas tanpa memandang latar belakang teman bersangkutan sehingga Mujur berpihak pada kami.

Hal paling penting yang perlu diperhatikan saat menjumpai sweeping di jalanan adalah :
1. Kenali Rambu penanda Sweeping, biasanya dipajang di tengah jalan
2. Perhatikan jumlah polisi yang melakukan sweeping
3. Sebisa mungkin saling gertak bilamana polisi meminta pembayaran langsung di TKP
4. Sweeping Liar akan mencari kelemahan dan kekurangan kendaraan meski kendaraan tersebut terbilang sangat amat terlalu paling lengkap sekali

OK bro...sedikit tips, sedikit saja karena cuma sedikit yang kami ketahui. Semoga selamat hingga tujuan saat rekan BLOGGER melakukan Autoblackthrough goes to campus or Blackinnovationawards goes to campus ke suatu daerah tertentu.

4 komentar :

attayaya said...

yup... mari patuhi aturan lalulintas
komunitas dibentuk bukan utk menyalahi aturan yg ada
duuuh kaca spionku pecah, harus ganti, ntar ditangkepin pak pulisi

mubarok said...

Mantap tu lanjutkan Pak Polisi jangan biarkan ada celah

Bunglon Blog said...

wah bener sekali sobat siapapun kita apapun profesi kita sudah semestinya kita mentaati setiap peraturan yang telah dibuat, semua akan sangat bermanfaat buat kita pribadi dan orang lain.
sukses sobat!

Ambae.exe said...

@attayaya...
@mubarok...
@Bunglon Blog...
taat sm peraturan yg dibuat akan menggugah diri ini tuk berjiwa disiplin

tak hanya pd aturan lantas
krn nantinya akan berdampak pd taat secara keseluruhan......

Post a Comment

Your comments are inputs for our