Computer Application, Maintenance and Supplies

Wednesday, December 09, 2009

Google Wave


Google Wave adalah sebuah produk yang membantu pengguna untuk berkomunikasi dan berkolaborasi di web. Wave adalah percakapan dan dokumen, di mana pengguna dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan teks berformat kaya, foto, video, peta, dan banyak lagi. Google Wave juga merupakan platform yang kaya dengan API terbuka yang memungkinkan pengembang untuk menanamkan wave dalam layanan Web lainnya dan untuk membangun ekstensi yang bekerja di Wave.



Google wave hanya salah satu teknologi baru dari GOOGLE, seperti halnya teknologi google lainnya seperti gmail, googlemaps, etc, itu menggunakan implementasi dari teknologi HTML yg baru, yaitu HTML 5. (HTML = bahasa yg menyusun web statis). Ringkasnya sebuah tool online baru dari Google yang digunakan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara langsung (real time).Si google menyatukan teknologi yg mereka miliki dalam satu halaman desktop, yaitu gmail, googlemaps, googledocs, gallery, video online (seperti youtube), dll. Atau kata kuncinya, google mengatakan “komunikasi”.

Google wave ini pun diterapkan pula pada mobile applications, smartphone, netbook yg semakin banyak, yang akan bersanding dengan Google Chrome OS, Chromium browser.

Selain itu, google wave itu juga bisa dikatakan sebagai platform. Karena google wave ini sifatnya open source (terbuka) memungkinkan para developer nanti nya bisa kontribusi dan mengembangkan teknologi lain ke dalam google wave.

Nama besar google, ternyata menggunakan marketing google wave secara invitations. Sesuatu yg cenderung membuat orang penasaran, orang malah mencarinya. Di beri cuma-cuma, mungkin malah di acuhkan, itu triknya google (ini baru dugaan :p ). Padahal dulu, gmail account pun dibuat secara invitations, tapi pada ujungnya dibuat terbuka. Dan tanpa sadar kita sudah menjadi word of mouth nya si google wave, dan itu terjadi di milis2 :p

Bahkan ada yg memanfaatkan invitations ini, baca :
http://www.detikinet.com/read/2009/11/05/155639/1235954/323/undangan-google-wave-bertabur-jebakan

Saat ini, google wave, yg mungkin sudah memiliki account login, tampilannya masih biasa-biasa saja. Sekilas seperti chatting yahoo. Karena memang belum final, tapi ini juga bukan versi beta. Mereka mengatakan, mereka akan terus mengembangkan. Dan tidak tahu seberapa booming nti google wave di 2010 dan tahun berikutnya. Bagi yg pro, mereka menunggu-menunggu perkembangan selanjutnya, tapi yg mengkritik. Jika gagal, ada yang memberi komentar sebagai teknologi tergagal di abad 21. Tapi kita belum tahu.

Kalo melihat pengertian seperti itu, mungkin ujung-ujungnya memang teknologi akan menyinggung istilah teknologi-teknologi lainnya, seperti cloud computing, virtualization, green IT. Ringkasnya, cloud = awan di istilahkan sebagai storage online, lalu virtualisasi = memungkinkan aplikasi dijalankan secara virtual, tidak menggunakan hardplatform, maka dgn tidak menggunakan hardplatform menjadi green IT = peringkasan penggunaan hardware.

Kata-kata seperti cloud computing, virtualizations, green IT itu sudah diprediksi awal tahun 2009 dan mungkin memang google wave merupakan salah satu bagian kecil teknologi yang semakin mengarah ke sana.

Google Wave itu, wave = melambai = komunikasi. atau bisa jg wave = gelombang, jd gelombang teknologi :p

Lalu, bagaimana cara menggunakan Google Wave ini...? Sebelum Anda menggunakan layanan ini, Anda harus punya account di google, kemudian Anda harus dapat undangan dari teman Anda yang sudah mempunyai account Google Wave ini. Layanan ini seperti awal Gmail lounching dulu pada tahun 2004, perlu mendapatkan undangan untuk mendaftar.

Karena Ambae.exe sekarang sudah menikmati layanan Google Wave ini, jadi Ambae.exe punya beberapa invitation. Nah bagi rekan-rekan yang belum mempunyai Google Wave ini dan ingin segera memilikinya, silakan tinggalkan comment dibawah ini beserta email Gmail, nanti akan dapat invite dari Tim Ambae.exe.

Dapat pula meninggalkan comment beserta email Gmail pada Profile Facebook Ambae.exe di bawah ini :
http://www.facebook.com/profile.php?id=1406277723
http://www.facebook.com/profile.php?id=1414738114

atau kirimkan melalui pesan email Ambae.exe@gmail.com

0 komentar :

Post a Comment

Your comments are inputs for our