Computer Application, Maintenance and Supplies

Monday, November 02, 2009

Peresmian Gedung Badan Amil Zakat Bantaeng


Bupati Bantaeng (H. M. Nurdin Abdullah), Senin tanggal 2 Nopember 2009 meresmikan gedung Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Bantaeng. Peresmian gedung berlantai dua hasil renovasi tersebut menghabiskan dana Rp 200 Juta lebih. Peresmian ditandai penandatanganan naskah berita acara peresmian yang disaksikan Ketua DPRD Bantaeng (Hj. Novrita A. Langgara) dan Muspida di daerah ini.



Bupati Bantaeng berharap, kehadiran gedung ini akan dapat mengelola zakat yang menjadi kepercayaan masyarakat. Kalau pengelolaannya baik, otomatis anggotanya akan banyak dan semakin bertambah. Bila sebaliknya yang terjadi, anggota secara otomatis akan berkurang, urainya. Karena itu Nurdin berharap, pengelolaan secara transparan disertai inovasi dari pengurus sehingga kepercayaan masyarakat tetap terjaga, tambahnya. Ia juga mengatakan, organisasi ini akan baik, bila pemimpin dan pengurusnya memiliki komitmen, kreatif dan terbuka.

Masih menurut Bupati Bantaeng, selama ini pengurusan BAZ dilakukan Pemda. Karena itu, ia berharap pengelolaan secara independen ini bisa lebih baik, sebab potensinya cukup besar. Bila pengelolaannya baik, semua orang patuh membayar zakat. Maka BAZ akan menjadi organisasi yang menjadi kebanggan masyarakat. Dengan begitu juga akan meringankan kerja Pemda, urainya lagi. Ketua BAZ Kabupaten Bantaeng (Drs. H. M. Arbiah Karim) pada kesempatan itu melaporkan, gedung BAZ dibeli seharga Rp 160 Juta. Agar dapat berfungsi sebagaimana layaknya sebuah kantor, dilakukan perbaikan dan renovasi beberapa bagian yang menghabiskan dana Rp 60 Juta-an.

Kini, tambah Arbiah, pihaknya sudah memanfaatkan gedung ini untuk melakukan manasik haji kepada Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bantaeng. Jumlah JCH Bantaeng tahun ini sebanyak 172 JCH yang dibagi dalam 3 kelompok. Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Bantaeng menyalurkan zakat sebesar Rp 45 Juta lebih kepada 228 orang mustahid, termasuk fakir miskin, santri dan anak yatim serta penghafal Qur’an di daerah ini.

Selain itu, BAZ juga menyerahkan bantuan kepada pedagang kecil penjual kue untuk modal usaha. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan simbolis oleh Bupati Bantaeng dan Ketua BAZ Kabupaten Bantaeng pada peresmian gedung BAZ Bantaeng. Ketua BAZ Kabupaten Bantaeng berharap, bantuan ini dapat membantu peningkatan kesejahteraan. Ia mengakui, sebagian besar dana BAZ diperoleh dari infaq dari Jemaah Calon Haji (JCH) dan zakat dari masyarakat.

Ia berjanji akan menjaga dengan baik kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada BAZ. Insya Allah akan kami kelola dan manfaatkan dana dari masyarakat ini dengan baik, tandasnya. Harapan yang sama juga dikemukakan Bupati Bantaeng. Menurutnya, BAZ harus bisa memberikan pelayanan maksimal. Untuk itu, ia berharap, pengurus BAZ bisa mengidentifikasi masyarakat yang akan diberi bantuan. Sedapat mungkin dilakukan subsidi silang sehingga orang yang benar-benar tidak mampu bisa diberi bantuan gratis, urainya. Bupati juga berharap, kehadiran BAZ di Bantaeng bisa membantu pengelolaan jenazah pada setiap kecamatan. Kalau bisa setiap kecamatan ada pekuburan umum sehingga tidak ada lagi pemakaman di halaman rumah, pintanya.

1 komentar :

Ambae.exe said...

media yg bagus tuk menyalurkan zakat

mari bersihkan harta melalui ZAKAT

Post a Comment

Your comments are inputs for our